Penilaian Lapangan Dalam Rangka  Pembangunan Ekonomi Desa

AP.COM|Lamongan – Pembinaan dan Lomba Potensi perkembangan Desa tingkat Kecamatan Sekabupaten Lamongan dalam hal ini Desa Jagran , mewakili kecamatan Karanggeneng untuk Menggerakkan Roda Ekonomi Desa’.

Dalam sambutannya, Bapak Bakti Aprianto.SH.MM mengatakan Aktivitas ekonomi desa akan berkembang, wirausaha muda desa akan bermunculan, dan produk unggulan desa mampu bersaing di pasar.

Untuk menjawab tantangan dan harapan tersebut Bapak Camat Bakti Aprianto.SH.MM berupaya mendorong pengembangan Program Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) serta memunculkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai motor penggerak ekonomi desa.

“Buat satu bisnis model yang bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi. Pembangunan di desa itu harus fokus, seluruh komponen Masyarakat dilibatkan, desa dikelola secara korporasi sehingga bisa mendapat nilai tambah di desa.,” ujar Tarmidi Selaku Kades  Desa jagran(19/04/2018).

Program pengembangan desa secara jangka panjang diharapkan dapat memunculkan kemandirian desa. Sehingga harapan desa dapat secara mandiri berkembang dan menjadi salah satu pilar pembangunan utama dapat terwujud.

Sementara itu, Sekretaris PMD kabupaten lamongan Bapak Marzuqi agar apa yang diinginkan masyarakat desa jagran dalam penilaian program ini dapat Nilai terbaik agar dapat lolos ke tingkat Kabupaten Ujarnya.

Dalam pembangunan desa, Ia berangkat dari latar belakang bisnis produk Batu Bata dan Genting. Melihat fenomena desa ini, sifat ekonominya kecil, tidak ada integrasi vertikal dan produksinya variatif. Desa kalau ingin berkembang harus punya bisnis proses yang benar. Akhirnya ia mengakomodir semua itu dengan konsep Prukades (Produk Unggulan Kawasan Perdesaan).

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Kapolsek Karanggeneng AKP.H.Saefudin dan Ndanramil 0812/15      Bapak Madelan,Para tokoh Masyarakat BPD,LPM Dan karangtaruna Desa jagran

Disela – sela acara Lomba dan pembinaan agar para tim penilai menitik beratkan penilaian pada Sektor Pendidikan,Kegiatan Pembangunan Desa,Linmas dan Kegiatan Ibu – ibu PKK, Panitia Tim penilai dari kabupaten langsung mendatangi masing – masing kegiatan yang dilombakan diantaranya paparan yang tunjukkan oleh Bapak Kades Tarmidi  memamerkan proyek pengembangan pemberdayaan masyarakat melalui pembangunan yang ada di Desanya. Dari sektor pendidikan menunjukan keberadaan kegiatan di Perpustakaan tidak hanya menghadirkan aktivitas membaca, melainkan sekaligus mempraktikan apa yang dibaca agar bisa menambah wawasan dengan kegiatan nyata ujar Bapak kades Tarmidi.(Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *