Surat Edaran Dewan Pers : Instruksi Pada Instansi Untuk Tidak Melayani Media Tanpa Terverifikasi Dewan Pers

JAKARTA | AP.COM – Telah beredarnya surat edaran yang diterbitkan oleh Dewan Pers dari Jakarta tertanggal 3 Februari 2017 Nomor : 078/DP/K/2/2017 yang menerangkan mengenai verifikasi seluruh perusahaan pers Indonesia yang di verifikasi  oleh Tim Ratifikasi Dewan Pers.

Berdasarkan keterangan yang tercantum dalam surat tersebut, telah terferifikasi sebanyak 74 perusahaan media baik cetak, televisi, radio hingga medai online.

Berdasarkan surat edaran tersebut, sertivikat tervetfikasi akan diserahkan kepada masing-masing perusahaan pers yang akan disaksikan oleh Presiden RI  Joko Widodo yang akan dilaksanakan pada puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Ambon, Maluku pada Rabu, 8 Februari 2017 mendatang.

Namun, ada hal yang ganjil dalam isi surat edaran tersebut, yang menerangkan bahwa perusahaan pers yang tidak terverifikasi dalam surat edaran tersebut, oleh Dewan Pers, akan diberi surat edaran kepada pemerintahan, TNI maupun Polri untuk tidak melayani perusahaan pers yang tidak terverifikasi oleh Dewan Pers.

“Media Massa yang TERVERIFIKASI DEWAN PERS akan diserahkan ke Pemerintah untuk selanjutnya dibuatkan peraturan dan Instruksi ke seluruh instansi pemerintahan pusat, daerah, TNI dan Polri untuk tidak melayani media tanpa TERVERIFIKASI DEWAN PERS. Media massa yang TERVERIFIKASI DEWAN PERS akan dicantumkan Barcode,” bunyi surat edaran tersebut. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *