Ada “Maling” berkeliaran di Desa Godo kecamatan Winong Pati Lokasi TMMD Reguler ke-101 Kodim Pati

PATI | AP.COM – Kesehatan lapangan adalah salah satu unsur penentu kesuksesan sebuah kegiatan, dibalik kesuksesan sebuah operasi pasti ada banyak pihak yang memiliki andil, diantaranya adalah petugas kesehatan yang stanby di lokasi TMMD berasal dari Rumkitban 04.08.06 Marga Husada Pati (Dinas Kesehatan Tentara) yang berjumlah empat orang dipimpin oleh seorang Tim medis Dr. Eko yulianto dan tiga orang paramedis yang akrab sehari-hari dipanggil dengan sebutan pak Mantri oleh masyarakat.

Satuan Tugas TMMD Reguler ke-101 TA.2018 terhitung sampai saat ini 30/04/2018 sudah bertugas selama kurang lebih sebulan di Desa Godo kecamatan winong dan tinggal menyisakan tiga hari lagi akan berahir kegiatan tersebut, komposisi pasukan yang ditugaskan bukan hanya terdiri dari petugas yang berjibaku melaksanakan pekerjaan sasaran fisik saja, tetapi ada bagian yang tak dapat dipisahkan dalam suatu kegiatan yang sangat penting peranya.

Dialah petugas Keslap (Kesehatan Lapangan) yang bertugas mendampingi Satgas TMMD yang sedang melaksanakan kegiatan, tugas Keslap diantaranya memberi layanan kesehatan, memberi pertolongan pada saat terjadi keluhan, pengecekan kesehatan kepada Personel satgas TMMD.

Kesehatan lapangan TNI AD yang bertugas tak hanya mendampingi dilapangan selama 24 jam saja, tetapi Paramedis TNI AD yang sering dikenal oleh masyarakat dengan panggilan “Mantri” ini juga sering dimintai pertolongan oleh masyarakat Desa Godo tempat Program TNI Manunggal Membangun desa dilaksanakan. Para Mantri juga seringkali keliling mendatangi kerumah-rumah penduduk yang membutuhkan pertolongan segera, maka tak asing ditelinga dalam keseharianya oleh rekan-rekan Satgas TMMD yang lain para Mantri tersebut sering dijuluki atau dipanggil “Maling” kepanjangan kata dari (Mantri keliling).

Saat dikonfirmasi oleh media tentang keberadaan “Maling”, Dansatgas TMMD Reguler ke-101 Kodim Pati Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sos membenarkan, “Kesehatan lapangan TNI AD yang mendukung kegiatan TMMD ini adalah satu kesatuan dalam Satgas TMMD, tugas mereka adalah bertanggung jawab terhadap kesehatan personel Satgas, mereka juga ikut menginap di lokasi / berada di Posko TMMD selama 24 jam untuk memudahkan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan pertolongan, anggota kesehatan ini juga sering dipanggil oleh masyarakat dengan nama pak Mantri, sehingga ada panggilan akrab dilingkungan satgas TMMD yang menjuluki meraka Maling (Mantri Keliling” ujar Arif sambil tersenyum.

Lebih lanjut Dansatgas juga mengatakan, “Tak jarang pula anggota kesehatan juga dimintai pertolongan oleh penduduk Desa Godo yang membutuhkan pertolongan, hal seperti ini juga sangat bagus untuk mengokohkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat,” tuturnya.(Pendim 0718|mark)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *