Serangkaian Peringatan Hari Jadi Pemkab Ke 725, Digelar Pameran Pasar Rakyat dan UMKM

Wabup Pungkasiadi saat membuka pameran UMKM

MOJOKERTO | AP.COM – Pasar Rakyat dan Pameran Produk Unggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-725 Tahun 2018, resmi dibuka Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Sabtu (5/5) malam.

Pung dalam sambutannya menjabarkan beberapa masalah, yang masih dihadapi kebanyakan UKM maupun IKM. Namun dirinya optimis dengan dukungan pemasaran melalui pameran seperti bakal memberikan kontribusi positif dan nyata.

“Kurangnya akses terhadap pasar, permodalan, pengembangan IT, SDM serta jaringan usaha, merupakan beberapa masalah yang banyak dihadapi industri UKM atau IKM. Namun saya optimis, event seperti ini mampu berkontribusi aktif dan nyata. Produk-produk yang ditampilkan juga akan berdaya saing kuat dalam pangsa pasar,” tutur Pung yang hadir didampingi istri, Yayuk Pungkasiadi.

Enam langkah pemantapan jaringan usaha khususnya bagi para pelaku usaha juga turut diberikan Pung dalam tambahan sambutannya.

“Ada enam hal yang mesti diperhatikan para pelaku usaha untuk memantapkan jaringannya. Antara lain tingkatkan SDM, teknologi inovasi dan desain produk. Manfaatkan informasi produk baik dalam maupun luar negeri. Tingkatkan akses pasar dan pemenuhan bahan baku. Memberi peluang ekspor pada para UKM dan IKM untuk menambah devisa negara. Terakhir, menerapkan standarisasi produk maupun tenaga kerjanya,” lengkap Pung.

Acara yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 5-10 Mei 2018 di Lapangan Lebaksono Kecamatan Pungging ini, diikuti berbagai macam peserta mulai dari pengusaha atau industriawan, UMKM, BUMN serta BUMD, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), PKK, Instansi pemerintah dan swasta, koperasi, pengusaha hiburan anak-anak serta panggung hiburan acara lomba atau pentas kesenian rakyat.

“Guna membangkitkan gairah pengunjung, panitia juga mengadakan support event antara lain panggung kesenian siswa siswi SMA/SMKN Kabupaten Mojokerto, wahana hiburan anak dan demo pembuatan batik ciri khas Majapahit,” lapor Asisten Perekonomian dan Pembangunan sekaligus ketua panita penyelenggara, Musta’in.(HD.Com/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *