Sektor Ekonomi Kreatif Terbukti Menurunkan Angka Kemiskinan Di Kabupaten Kediri


KEDIRI | AP.COM – Patut di acungi jempol dimana apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap peran serta pemerintah kabupaten kediri terlihat jelas dan terus berkembang ini dapat dilihat dari beberapa sektor yang terlihat adanya peningkatan secara baik dalam sisi perekomomian dan juga ada penurunan dari tingkat sisi kemiskinan.

Sesuai data Badan Pusat Statistik provinsi jawa timur dimana tahun 2015 sekitar (12,91%) atau sejumlah 199.380 jiwa tercacat jumlah penduduk miskin yang ada di kabupaten kediri dan di tahun 2016 ada penurunan sekitar (0,19% atau sekitar 12,72 %) dengan banding di tahun sebelumya dari jumlah masyarakat miskin menjadi 197.430 jiwa dan akhir 2017 menjadi 191.080 jiwa atau sekitar(12,25%).

Dalam hal ini pemerintah akan terus menggenjot dan menekan angka kemiskinan yang ada di kabupaten kediri dari sektor ekonomi kreatif guna kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Terlihat jelas peningkatan secara signifikan dapat dirasakan pada sektor pariwisata dan pengembangan UMKM,dari data dinas pariwisata dan kebudayaan kab.kediri penerimaan PAD dari sektor pariwisata di tahun 2017 meningkat sebesar 1,5M dalam hal ini berpengaruh juga pada perkembangan sektor UMKM dan pertanian,dimana terlihat banyaknya pelaku UMKM yang bisa meningkatkan pendapatan petani hortikultura dan petani organik.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri Sugeng Waluyo melalui Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kab.kediri menjelaskan guna meminimalisir inclusion error dari warga mampu malah mendapatkan bantuan dan atau sebaliknya yang harusnya mendapatkan malah tidak menerima maka lewat kemensos akan mengupload data melalui aplikasi sistem informasi sosial next generation(SIKS-NG).

Aplikasi ini juga dapat menemukan data-data kependudukan yang meninggal dunia,data ganda,pindah tempat dan data lainya.(pan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *