Disperindag Nganjuk Gelar Sosialisasi Perlindungan Konsumen

NGANJUK | AP.COM – Bertempat di Aula, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Nganjuk mengadakan sosialisasi perundang-undangan perdagangan dalam rangka perlindungan konsumen, Jumat (11 Mei 2018).

Kepala Disperindag Nganjuk, Dra Rr Heni Rochtanti MM, dalam sambutannya menjelaskan tentang dua hal penting. Di antaranya UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

“Jelang Ramadhan ini, kami memang semgaja menyosialisasikan dua hal penting ini,” ungkap Heny di hadapan puluhan peserta dari berbagai unsur tersebut.

Lebih lanjut, Heni menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk melindungai  konsumen dan menjamin adanya kepastian hukum atas hak dan kewajiban konsumen itu sendiri. “Harapannya konsumen bisa menjadi konsumen yang cerdas, bersikap kritis, teliti sebelum membeli, memperhatikan label dan masa kadaluarsa, pastikan produk sesuai dengan strandar mutu K3L (Kenyamanan, Keamanan, Keselamatan dan Lingkungan) dan membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan,” jelas jelasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Heny mengatakan, pengawasan perlu dilakukan secara keseluruhan. Di antaranya perizinan, distribusi barang dan jasa, pendaftaran barang produk dalam negeri dan asal impor yang terkait dan perlunya pemberlakuan SNI.

“Karena itu, pelaku usaha yang melakukan kegiatan usaha perdagangan wajib memiliki perizinan sesuai undang-undang yang berlaku,” pungkasnya. (Komarudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *