Erupsi Freatik Terjadi di Gunung Merapi


SLEMAN | AP.COM – Pagi ini, tepatnya hari Jum’at 11 Mei 2018 di informasikan dari berbagai sumber tentang Gunung Merapi mengeluarkan letusan freatik sekitar pukul 07.45 WIB dan sempat terjadi getaran selama 15 detik.

Hal ini dibenarkan oleh Mahasiswa Pascasarjana UGM, Sofan fitri selaku tim KPI Kampus di sekitaran lokasi kejadian.

“Memang benar, Erupsi Freatik terjadi di Gunung Merapi. Nampak sudah mulai terasa di sekitar kaliurang dimana abu mulai jatuh meski sedikit. Kondisi awanpun sedikit mendung kadena tertutup abu letusan freatik Merapi”. Ujar Sofan melalui Via Telpon genggam.

Menurut Penuturan Budi warga Donoharjo Turi (Lokasi Sleman atas, dekat dengan Merapi) mengharapkan semoga kali ini tidak terjadi erupsi yang besar.

“Meski letusannya freatik, namun warga sudah bersiap sewaktu waktu apabila terjadi letusan magmatik yang lebih besar dari freatik”, Ungkapnya.

Hingga saat ini, warga diminta untuk tetap waspada dan tidak panik. Beberapa sekolah di sekitar lereng Gunung merapi juga diliburkan. Belum ada laporan korban jiwa dan materi dari laporan hingga pukul 08.30 WIB.

Disampaikan pula oleh Sumber Data KESDM, Badan Geologi, PVMBG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi) dari rilis yang diterima redaksi kabarblora pagi ini melalu share Whatsapp.

“Telah terjadi erupsi Gunung Merapi pada tanggal 11 Mei 2018 pukul 7:40 WIB dengan durasi kegempaan 5 menit. Ketinggian kolom erupsi mencapai 5500 m di atas puncak. Erupsi yang terjadi bersifat freatik (dominasi uap air).

Erupsi berlangsung satu kali dan tidak diikuti erupsi susulan. Sebelum erupsi freatik ini terjadi, jaringan seismik G. Merapi tidak merekam adanya peningkatan kegempaan.

Namun demikian, sempat teramati peningkatan suku kawah secara singkat pada pukul 6:00 WIB (sekitar 2 jam sebelum erupsi). Pasca erupsi, kegempaan yang terekam tidak mengalami perubahan dan suhu kawah mengalami penurunan. Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang.”

Untuk selanjutnya masih menunggu perkembangan informasi dan perkembangan situasi Merapi kedepan. Warga Masyarakat Sekitar lokasi, diminta untuk menghubungi CALL CENTER PUSDALOPS BPBD KABUPATEN MAGELANG

Telp dan Fax : (0293) 789999
Hotline/WA : +62293789999
Website : http://bpbd.magelangkab.go.id
Facebook : BPBD KabMagelang
Twitter : @BPBDMagelang
Instagram : @bpbdkabmagelang
Frekwensi Radio : RX =169.575 MHz
TX = 164.575 MHz ( dupleks -5000 )
Tone = 88,5
Email : pusdalopsbpbdmagelangkab@gmail.com
Sistem Informasi : http://sikk-bpbdmagelang.info/

(Adirin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *