P2K3 Rumah Sakit Cakra Husada Klaten Lakukan Koordinasi Tanggap Bencana


KLATEN | AP.COM  – Terjadinya Erupsi Gunung Merapi pada Jumat 11 Mei 2018 yang menimbulkan sebaran abu vulkanik ke arah Selatan Tenggara, menimbulkan berbagai spekulasi. Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) Rumah Sakit Cakra Husada Klaten segera melakukan koordinasi tanggap darurat terhadap berbagai kemungkinan yang berpotensi mengancam keselamatan dan kesehatan baik bagi seluruh karyawan, Pengunjung dan Pasien Rumah Sakit Cakra Husada Klaten.

Rapat Koordinasi kesiap-siagaan bencana dipimpin langsung oleh Ketua P2K3 yang sekaligus menjabat sebagai Direktur Umum Administrasi dan Keuangan Rumah Sakit Cakra Husada Klaten Made Sumiarta, Manajer HRD Edi Wiratma dan Sekretaris P2K3 Moch. Joko Susanto di ruang rapat dan diikuti seluruh koordinator P2K3.

Mengingat bahwa Rumah Sakit merupakan layanan Publik, maka keamanan seluruh Pengunjung, pasien dan karyawan harus menjadi prioritas utama, untuk itu seluruh koordinator P2K3 diminta memastikan seluruh sarana pendukung tersedia dan berfungsi dengan baik. selain itu juga diputuskan beberapa hal

Pertama, dibentuk panitia kecil untuk melakukan edukasi dan sosialisasi kepada seluruh pengunjung, pasien dan keluarga pasien juga petugas Rumah Sakit tentang skema penyelamatan jika terjadi bencana, menjelaskan arah titik kumpul dan kode-kode kebencanaan.

Kedua, Rumah Sakit Cakra Husada Klaten akan menyediakan masker jika terjadi hujan abu bagi seluruh karyawan, pengunjung, pasing dan keluarga pasien.

Ketiga, untuk memastikan kesiapan seluruh petugas baik medis maupun non medis melayani bila terjadi lonjakan jumlah pasien dan mengantisipasi cuaca yang ekstrem, maka P2K3 yang didukung oleh HRD akan menyelenggarakan Screening kesehatan bagi seluruh karyawan Rumah Sakit Cakra Husada Klaten dengan melakukan Cek Lab dan pemberian multivitamin yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Mei 2018 secara bertahap.

Keempat, Bila terjadi hujan abu, maka tim SAR Rumah Sakit Cakra Husada Klaten akan melakukan patroli menggunakan mobil Ambulance yang akan dilengkapi dengan tenaga medis guna membantu masyarakat Klaten dan sekitarnya yang membutuhkan, untuk hal ini kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait

kami akan terus melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait khususnya BPBD. (Andra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *