Blora Raih Medali Perak Di Kejuaraan Olah Raga Panjat Tebing Internasional

BLORA | AP.COM – Agustina Sari, Atlet Pemanjat Tebing Blora raih medali Perak di International Federation of Sport Climbing (IFSC) Climbing World Cup di Tai’an, China, Minggu (13/5).

Dua kali berlaga di seri kejuaraan panjat tebing internasional dalam rentang waktu tiga pekan, membuat mental tanding pemanjat tebing Blora, Agustina Sari, terasah. Di penampilannya yang ketiga, Agustina Sari pun mampu meraih medali.

Event tersebut merupakan seri ketiga IFSC 2018. IFSC seri pertama sebelumnya berlangsung di Moscow, Rusia, 21-22 April. Di seri I itu, Agustina Sari tersingkir di babak delapan besar. Sedangkan di IFSC seri II di Chongqing, China, 5-7 Mei, Agustina Sari hanya mampu bertengger di peringkat delapan.

Rekan setimnya di Timnas Panjat Tebing Indonesia, Aries Susanti Rahayu, meraih medali emas di seri II usai menaklukkan Elena Timofeeva dari Rusia dengan catatan waktu 7,51 detik berbanding 9,01 detik.

Namun di seri III, Minggu (13/5) kemarin, Aries Susanti gagal mempertahankan prestasinya. Dia harus puas berada di peringkat ketiga atau di bawah Agustina Sari yang mendapat perak. ‘’Setahap demi setahap Agustina Sari menunjukan kematanganya. Dia pantang menyerah. Tentu kami bangga atas prestasi yang diraih. Apalagi kejuaraan di Tai’an China itu adalah event tingkat dunia,’’ ujar Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Blora, H Nur Fatoni, Minggu (13/5).

Walaupun hanya menyaksikan anak didiknya bertanding melalui chanel live youtube, Nur Fatoni selaku ketua FPTI yang juga sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Blora mengaku was – was (deg-degan).

‘’Lawan-lawan yang dihadapi Agustina Sari adalah pemanjat tebing kelas dunia. Mereka sudah berpengalaman tampil di event tersebut. Sedangkan Agustina Sari baru tahun ini,’’ kata Nur Fatoni yang berprofesi juga sebagai salah satu pendidik di SDLB N Jepon.

Agustina Sari mengawali pertandingan babak penyisihan speed world record dengan menundukkan pemanjat tebing tuan rumah China, Ni Mingwei.

Di babak perdelapan final, Agustina Sari menyingkirkan Marenych Alla (Ukraina). Melaju ke perempat final, giliran Maria Krasavina (Rusia) yang takluk dari Agustina Sari. Di babak semifinal, Agustina Sari berjumpa atlet Polandia, Brozek Anna.

Usai menundukan pemanjat tebing Polandia tersebut, Agustina Sari yang akan memperkuat Kabupaten Blora di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018, bertanding melawan Jaubert Anouck (Francis) di babak final.

Namun sayang, di laga pamungkas tersebut, Agustina Sari kalah. Selisih waktu kedua finalis itu sangat tipis, hanya 8 second. Jaubert Anouck finish dengan torehan waktu 7,62 detik. Sedangkan Agustina Sari 7,74 detik.

‘’Selain mengawali start kurang bagus, Agustina Sari juga mengalami trouble di point tengah,’’ kata Nur Fatoni.

Keikutsertaan Agustina Sari di IFSC di Rusia dan China menurut Nur Fatoni sekaligus juga dalam rangka persiapan Asian Games di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus-2 September. Agustina Sari masuk Timnas Panjat Tebing Indonesia yang akan berlaga di Asian Games. (Ludito)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *