Rapat Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Desa, Sudjono : Minat Baca Masyarakat Harus Di Tingkatkan

NGANJUK – AP.COM – Bertempat di ruang Rapat Anjuk Ladang, Pemkab Nganjuk, Pj Bupati Nganjuk, Drs. Sudjono, MM menghadiri Rapat Teknis Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Desa-Kelurahan Se-Bakorwil Bojonegoro Tahun 2018. Selasa (22 Mei 2018).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Bakorwil Bojonegoro, Budi Priyo Suprayitno, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Hosto Hendarto beserta jajaran, dan diikuti oleh perwakilan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah juga Kepala Desa/Kelurahan se-Bakorwil Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Sudjono mengatakan bahawa minat baca yang dimiliki masyarakat Indonesia khususnya masyarakat se-Bakorwil Bojonegoro harus ditingkatkan. Hal ini mengingat rendahnya minat baca warga Indonesia. Menurut survey, hanya 5% dari 260 juta penduduk Indonesia yang datang ke perpustakaan.

“Faktornya banyak, bisa saja karena bukuya kurang variatif, tempat atau perpusnya kurang bagus, juga mungkin lokasi perpus kabupaten yang jaraknya cukup jauh dari rumah masyarakat, apalagi di era digital ini orang cenderung lebih suka membaca di smartphone ketimbang buku,” terangnya.

Lebih lanjut, Sudjono juga menekankan agar faktor-faktor ini tidak boleh menjadikan putus asa dalam menaikkan minat baca. “Banyak inovasi-inovasi yang bisa kita lakukan untuk menaikkan minat baca, misalnya perpustakaan di tiap desa, ini ayo kita sukseskan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, dalam pengelolaan perpustakaan desa dibutuhkan tenaga yang terlatih dan terampil. Maka dari itu, pihaknya berharap, para peserta yang menghadiri rapat tersebut bisa mengikuti acara ini dengan maksimal, agar bisa memberikan pendampingan yang baik pula untuk pengelolaan perpustakaan di tingkat desa/kelurahan. (KMR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *