Tanggapan FORTIN Terhadap Peryataan Yang Dikeluarkan FORMAT

JAKARTA | AP.COM – Forum Tionghoa Nusantara (FORTIN) menanggapi pernyataan yang dikeluarkan oleh FORMAT (Forum Aspirasi Rakyat) atas Pernyataan “Komunitas Tionghoa Kapok Pilih Jokowi”.

Terkait menanggapi hal tersebut Fortin mengadakan jumpa pers pada Hari Sabtu 26 Mei 2018, di Hotel Erian, jalan Wahid Hasyim, Menteng Jakarta Pusat.

Adapun Sikap menanggapi pernyataan Forum Aspirasi Rakyat, terkait dukungan mereka terhadap gerakan #2019GantiPresiden, maka kami (William Hui, Ali Sutra, Abraham Hosada, Ganjar Pranowo dan Felix Sandra) yang tergabung Forum Tionghoa Nusantara (Fortin), menyatakan sikap sebagai berikut :

Pertama, Komunitas Tionghoa memiliki Sikap dan Pendapat Politik yang TIDAK SAMA. Tidak ada satupun tokoh atau organisasi yang bisa mengatasnamakan Komunitas Tionghoa atas suatu Pandangan Dan Sikap Politik.

Menyangkut pendapat politik dari komunitas Tionghoa yang ada di Indonesia biarlah menjadi hak pribadi masing masing.

Kedua, Kekecewaan segilintir orang janganlah dijadikan dasar untuk membangun opini yang mengatasnamakan etnis tertentu, sangat tak elok dan berpotensi untuk merusak keharmonisan antar etnis bahkan didalam Etnis Tionghoa sendiri.

Ketiga, Keberagaman pandangan dan pendapat harus dikelola menjadi suatu upaya dalam membangun bangsa Indonesia lebih konstruktif dan berkelanjutan.

Namun berdasarkan hal hal tersebut kami dari Forum Tionghoa Nusantara meminta agar masyarakat Indonesia secara umum dan masyarakat Tionghoa secara khusus tidak terpengaruh atas pernyataan Forum Aspirasi Rakyat.

“Mari kita bersama bersatu dalam keberagaman pendapat dan pandangan politik. Salurkan melalui hak pilih yang dijamin oleh Undang undang. Tetap pilih pemimpin yang kita percaya dapat memberi dampak perubahan baik dan berkelanjutan bagi bangsa Indonesia yang kita cintai, “ujar Ali Sutra.

Dan Ali juga menambahkan, “Kami sebagai bangsa Indonesia yang sah, kami memiliki hak berpolitik, Kami terdiri dari macam-macam profesi jika ditanya ada kegiatan jangka panjang, maka saya jawab kita semua akan kembali kerumah masing-masing atau tidak ada, “kata Ali.

Sementara di waktu yang bersamaan, Ganjar Pranowo mengungkapkan, dalam kondisi ini kita tidak menyinggung masalah ekonomi. “Kita tidak pernah mewakilkan untuk membuat statement apapun, untuk siapa pun, kami hanya merespon adanya pernyataan atau statement dari FORMAT dan kita tidak menghalangi bagi siapa untuk memilih siapapun, dan FORTIN disini tidak untuk membuat gaduh, “tutupnya.(Why)

Satu tanggapan untuk “Tanggapan FORTIN Terhadap Peryataan Yang Dikeluarkan FORMAT

  • Juni 16, 2018 pada 3:57 pm
    Permalink

    Jauhilah sikap dan sepak-terjang serta pandangan2 rasialis agar harmoni kebersamaan antar sesama anak bangsa di negeri ini tak lagi terusik.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *