Terminal Induk KM 17 Tak Kunjung Dioperasikan, Ada Apa?

BANJARMASIN – AP.COM – Keberadaan Terminal Induk di Jalan Ahmad Yani Kilometer 17 banjarmasin mengundang perhatian banyak pihak. Pasalnya, meskipun Terminal ini telah selesai dibangun beberapa tahun yang lalu, hingga kini belum juga dioperasikan. Terminal Type A yang dibangun menggunakan APBD Provinsi Kalimantan Selatan itu memiliki nasib yang hampir serupa dengan Terminal yang ada di KM 6 yang kondisinya juga memprihtikan. Meskipun telah beroperasi namun sangat sepi dan tidak terkelola dengan baik.

Dinas Perhubungan dan LLAJ Kalimantan Selatan belum memberikan penjelasan yang detail mengapa Terminal Induk ini belum dioperasikan. Bahkan, Pemprov selaku pemilik belum memberikan Nama bagi Terminal yang dibangun dengan anggaran milyaran tersebut.

Kondisi ini tentu mengundang perhatian masyatakat pasalnya keberadaan Terminal ini diharapkan mampu menjadi solusi atas tata kelola perhubungan darat di Kalimantan Selatan yang belum berjalan dengan baik.

“ sebaiknya Terminal itu diserahkan ke Pemko (banjarmasin, red), daripada terbengkalai dan tak terurus”, ujar salah satu warga yang enggan disebutkan namanya.

Sejauh pengamatan memang keberadaan dua terminal yang dikelola Pemprov Kalsel di Jl. Achmad Yani Banjarmasin memang cukup memprihatinkan. Terminal di KM 6 memang sudah beroperasi namun sangat sepi. Sedangkan terminal Induk di KM 16 meskipun telah memiliki fasilitas yang lengkap namun hingga kini belum dioperasikan. (ADI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *