Simulasi Pemungutan Suara KPUD Kota Kediri Tidak Lepas Dari Disabilitas dan Tuna Netra Diperhartikan

KEDIRI – AP.COM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kota kediri menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). Simulasi ini sebagai persiapan menghadapi Pilkada dan Pilgub 27 Juni 2018 mendatang.

Simulasi dilaksanakan di halaman kantor KPUD Kota Kediri,Simulasi ini merupakan lan‎jutan dari rangkaian tahapan Pilkada dan Pilgub Jatim.

Ketua KPUD kota kediri Drs.Agus Rofiq mengatakan tujuan utama disamping sebagai sosialisasi juga simulasi meliputi tata cara mencoblos surat suara, simulasi tata kerja dan tugas masing-masing kelompok penyelenggaraan pemungutan suara (KPPS), simulasi pengisian formulir pemungutan, dan penghitungan suara.

Dilakukan pula simulasi terhadap kemudahan akses bagi pemilih, simulasi mekanisme sampul turun di TPS dan sampul dari TPS ke PPK, serta simulasi penggunaan segel.

Simulasi melibatkan sekitar 60 orang hal tersebut untuk mengukur waktu yang dibutuhkan dari proses pemungutan dan penghitungan sampai dengan pengisian formulir.

Tak luput dari hak warga negara indonesia masyarakat disabilitas dan tuna netrapun juga diperhatikan dimana nantinya dalam pencoblosan nya akan lebih diutamakan dan dikhususkan dalam metode pelaksanaan mengingat melihat kondisi perlu adanya pendampingan dalam hal ini juga selaku anggota linmas yang akan berperan utama dalam membimbing pelaksanaan pencoblosan.

Di kotak suara kami ditempelkan warna sesuai jenis pemilihannya.Agar pemilih‎ tak salah memasukkan surat suara karena untuk kota kediri menghadapi 2 pemilihan yang secara bersama-sama yaitu Pilwali Kota Kediri dan Pilgub Jatim”terang ketua KPUD kota kediri yang juga selaku ketua lintas divisi.(pan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *