Warga Banyuwangi : Ada Proyek ? Diduga Siluman di Pelabuhan Boom Banyuwangi

BANYUWANGI, AP.COM – Pembangunan pelabuhan boom Kabupaten Banyuwangi terus berjalan, tetapi kali ini nampaknya ada proyek diduga siluman. Hal ini lantaran proyek tersebut berjalan tanpa papan nama.

“Saya melihat kembali ada aktifitas pengerjaan pembangunan pelabuhan Boom, tetapi anehnya proyek tersebut tidak ada papan namanya (plang informasi proyek),” ungkap narasumber berinisial LA, kamis (31/5/2018) saat ditemui wartawan biro timur ap.com.

Padahal menurutnya, Kewajiban memasang Plang papan nama pada proyek pemerintah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik/Non Fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.

“Bukannya menurut saya, Plang informasi proyek itu bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan. Dimana keterbukaan atau transparansi ini dimulai sejak tender atau lelang proyek dilakukan termasuk tender proyek,” jelasnya.

Dia juga menambahkan bila dengan tidak terpasangnya Plang papan nama pada proyek tersebut diduga bukan hanya bertentangan dengan Perpres. Tetapi juga diduga tidak sesuai dengan semangat transparansi yang dituangkan pemerintah dalam Undang-undang No.14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Pada pasal 25 Perpres diatur mengenai pengumuman rencana pengadaan barang/jasa pemerintah, melalui website, portal LPSE, papan pengumuman resmi, dan sebagainya. Ini semakin memperkuat apa yang juga diatur dalam UU nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP),” imbuhnya.

Diketahui, berdasarkan informasi yang dihimpun analisapublik.com , proyek dengan anggaran kurang lebih mencapai 12 M tersebut dalam pengawasan Satuan Kerja (satker) Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

Sayangnya, sampai berita diterbitkan, pihak yang terkait dengan proyek tersebut masih belum bisa dikonfirmasi. (Bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *