6 Kali Beraksi di RSUD Dr. Soetomo, Nyaru Perawat, Curi Laptop Dokter

AP.COM – SURABAYA – Nyaru sebagai perawat di RSUD Dr.Soetomo, Eko Sudarwanto, 33, berhasil menggasak laptop dan tas milik dokter di Kamar Dokter Muda Ruang Rosella 2. Ternyata setelah berhasil diamankan polisi, terkuak jika warga Jalan Pacar Kembang VII No. 12A, Tambaksari, Surabaya itu sebelumnya juga pernah melakukan aksi pencurian serupa sebanyak enam kali.

Kapolsek Gubeng Kompol Sudarto menuturkan, kejadian pengungkapan ini bermula dari korban yang datang melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Gubeng pada Kamis (31/5). Lalu polisi bergerak cepat melakukan penyelidikan di lokasi kejadian pembobolan tersebut.

“Dari rekaman CCTV, kami berhasil mengidentifikasi identitas tersangka,” kata Kompol Sudarto, Selasa (5/6).

Polisi langsung melakukan pemantauan di lokasi mulai tanggal 31 Mei sampai 3 Juni, namun tersangka tidak nampak sama sekali. “Baru pada tanggal 04 Juni, tersangka nampak muncul dari lorong ruang Rosella RSUD Dr.Soetomo dengan mengenakan baju perawat lengkap,” terang Sudarto.

Melihat kesempatan itu, polisi langsung mengamankan tersangka yang kemudian digelandang ke Mapolsek Gubeng. Dari hasil penggeledahan yang dilakukan, polisi berhasil mengamankan uang Rp 2,5 juta.

Tersangka mengakui bahwa uang tersebut adalah hasil penjualan laptop milik korban yang sempat ia curi sebelumnya. Sementara uang tunai Rp 200 ribu milik korban sudah dipakai untuk keperluan pribadi. Bahkan tidak hanya itu, tersangka juga berhasil membobol ATM korban dan mendapatkan uang Rp 10 juta.

“Saya membobol ATM dengan mengacak nomor PIN dari tanggal lahir yang tertera di KTP korban, ” kata Eko Sudarwanto saat di Mapolsek Gubeng.

Saat ini polisi mendalami sepak terjang tersangka yang nyaru menjadi perawat dengan atribut lengkap ini. Dari pengakuan tersangka, ia sudah enam kali melakukan pencurian di RSUD Dr Soetomo dengan beberapa lokasi sasaran.

Diantaranya tersangka berhasil menggasak motor honda Supra X nopol L 5897 FF, baju dokter, uang kotak amal sejumlah Rp 380 ribu di Masjid An Nur area RSUD Dr Soetomo. Kemudian mencuri HP Samsung J3, dompet berisi uang Rp 4 juta di ruang Rosella. Dan kunci ruangan, baju perawat, stetoskop, id card pegawai, hingga mencuri flashdisk di ruang Ortopedi.

Tersangka mengaku menggunakan uang hasil pencurianya tersebut untuk bermain cewek di Tretes dan kegiatan hura-hura lainnya. Kini tersangka telah diamankan di Mapolsek Gubeng dan dijerat dengan pasal 363 KUHP Tentang pencurian dengan pemberatan.(Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *