Bupati Sidoarjo Berangkatkan Pemudik Gratis

SIDOARJO – AP.COM – Pemerintah kabupaten Sidoarjo memberangkatkan 35 armada bus untuk mengangkut para pemudik ke beberapa kota tujuan di Jawa Timur, pada acara mudik gratis yang diberangkatkan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, dari pendopo Kabupaten Sidoarjo (13/6).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Bahrul Amiq, mengatakan untuk mudik gratis tahun ini terjadi peningkatan peserta. Peserta mudik tahun lalu berjumlah 1.375 orang, tahun ini jumlahnya bertambah menjadi 1.925 pemudik.

“Dari Kabupaten Sidoarjo menyiapkan 25 bus dan ada 10 bus bantuan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, jadi total 35 armada bus,” kata Amiq.

Ditambahkan Amiq, selain armada bus yang digunakan untuk mengangkut para pemudik, pihaknya juga menyiapkan 7 truk untuk mengangkut kendaraan roda dua milik peserta mudik gratis.

“Truk yang mengangkut kendaraan roda dua milik pemudik sudah diberangkatkan pada hari Selasa kemarin (12/5),” jelasnya.

Sementara itu Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, acara mudik merupakan tradisi masyarakat pendatang di setiap lebaran untuk bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

“Pemerintah kabupaten Sidoarjo memfasilitasi para pemudik dengan mudik gratis untuk mengantarkan para pemudik sampai ke tempat tujuan secara gratis. Hal ini untuk mengurangi kemacetan dan resiko kecelakaan,” sambung Saiful Ilah.

Saiful Ilah menambahkan peserta mudik gratis tahun ini mengalami kenaikan, hal ini salah satunya dikarenakan banyaknya ASN yang ikut menjadi peserta.

“Kan ada instruksi kalau mobil dinas tidak diperbolehkan untuk digunakan mudik,” jelasnya.

Diingatkan kepada pengemudi bus untuk lebih berhati-hati serta mentaati rambu-rambu lalulintas, untuk keselamatan penumpang selama perjalanan.

“Persiapan kendaraan dan kelengkapan kendaraan harus sudah diperiksa. Dan yang penting jangan lupa berdoa selama perjalanan,” pungkas Saiful Ilah.

Salah satu peserta mudik gratis tujuan Ponorogo Rani (19) menyatakan, dirinya dan keluarga sangat senang mengikuti mudik gratis ini.

“Dengan diadakannya mudik gratis ini tentunya sangat membantu kita para pemudik. Tidak berdesakan, santai dan yang pasti gratis,” ungkap mahasiswi UIN yang mudik bersama ayah, ibu dan adiknya ini.(Ls/Wwn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *