Pemakaman Tembok Surabaya Di penuhi Orang Berziarah

SURABAYA – AP. COM – Ziarah kubur atau takziah merupakan tradisi yang masih terjaga hingga saat ini. Menjelang Lebaran, biasanya anak-anak mengunjungi orangtua yang telah meninggal. Mereka duduk dipinggir makam guna memohonkan ampunan orang terkasih yang kini telah berada dialam barzah.

Pada hari kamis (14/6) di sekitar area pemakaman tembok Surabaya terlihat banyak dan ramai oleh orang-orang yang hendak berziarah.

Lebih dari ratusan orang datang berbondong-bondong untuk antri masuk ke area pemakaman. Mereka yang sudah membeli perlengkapan berziarah, yakni berbagai jenis bunga langsung duduk di pusara keluarga mereka.

Ziarah kubur tersebut disamping untuk mengingat akhirat, juga ziarah dan mendoakan keluarga, terutama ziarah ke makam orangtua dan mendoakannya, memiliki nilai dalam Islam. Seperti hadis Nabi Saw: “Barang siapa ziarah ke makam orang tuanya setiap hari Jum’at, Allah pasti akan mengampuni dosa-dosanya dan mencatatnya sebagai bukti baktinya kepada orang tua.” Tegas peziarah.

Menurut salah satu peziarah. Terdapat nilai timbal balik jika melakukan ziarah makam orang tua. Orang tua yang telah tiada bisa merasakan kebahagiaan dengan hadirnya anak-anak tercinta di makamnya, disisi lain, anak-anak dapat menunjukkan baktinya kepada orang tua hanya dengan melakukan ziarah kubur dan mendoakannya.(Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *