Info Liburan Lebaran Asik, Wisata Sumber Maron Murah Meriah Dan Ramai

MALANG – ANALISAPUBLIK.COM – Malang menjadi salah satu kota dan kabupaten di Jawa Timur atau Jatim yang menyajikan keindahan alam nan mempesona. Di sini ada banyak kawasan wisata alam yang bisa dikunjungi oleh para turis baik domestik dan juga asing. Mulai dari kawasan wisata pegunungan seperti Wana Wisata Gunung Banyak hingga kawasan wisata air terjun atau biasa disebut coban di daerah Malang ini. Tentu saja keindahan alam menjadi keistimewaan yang disajikan oleh Malang kepada para pengunjung.

Khusus lebaran tahun ini pada H+4 wisata sumber air yang terletak di perbatasan antara Kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Kepanjen tetapi tepatnya di Dusun Adiluwih Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang, tak heran tempat wisata Sumber Maron terletak di Gondanglegi Kabupaten Malang.

Pada Rabu (20/06), pukul 10.00 WIB terlihat ramai dikunjungi rimbuan pengunjung yang berdesakan khususnya wisatawan domestik baik dari wilayah Malang sendiri, Surabaya, Pasuruan dan daerah Jawa Timur lainnya.

Salah satu kawasan wisata alam di Malang yang sekarang ini menjadi incaran oleh banyak wisatawan adalah Sumber Maron. Kawasan wisata alam ini bukan hanya memperkenalkan keindahan serta pesona alam di dalamnya. Akan tetapi ada unsur edukasi dan pengetahuan yang bisa didapatkan oleh para wisatawan ketika mengunjungi kawasan wisata alam ini.

“harga tiket masuk cuma 3 ribu rupiah, murah meriah, dan sangat ramai sekali ! saya puas mengajak seluruh keluarga dan menikmati alam di sekitar wisata Sumber Maron” ungkap salah pengunjung kepada analisapublik.com.

Objek wisata alam yang letak dan juga lokasinya berada di daerah Kabupaten Malang dengan menampilkan daya tarik sumber mata air yang sangat jernih dan juga menjadi salah satu sumber untuk kehidupan masyarakat di sekitar kawasan wisata alam tersebut.

Selain itu di sini juga sudah ada air terjun kecil atau water fall yang memberikan pesona tersendiri. Kawasan wisata alam Sumber Maron ini memang sudah banyak diincar oleh para wisatawan dan juga para pengunjung yang bukan hanya dari sekitaran Sumber Maron saja.

Kawasan wisata yang berdekatan dengan daerah Pagelaran, Gondanglegi dan Kepanjen ini memang sudah cukup terkenal. Tercatat sudah sejak tahun lalu kawasan wisata ini sudah cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Bahkan banyak para pengunjung yang datang dari luar kota yang berlibur ke kawasan wisata alam ini.

Kawasan wisata Sumber Maron Malang ini memang menjadi salah satu obyek wisata yang memperkenalkan keindahan alam serta sisi edukasi yang berguna untuk kalangan masyarakat di sekitar air terjun dan juga di kota Malang.

Meski ada banyak cerita mitos, horor, legenda dan juga kisah sejarah serta misteri yang ada di sini, Sumber Maron masih menjadi tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Kawasan wisata Sumber Maron ini adalah lokasi tempat sumber air jernih yang indah dan digunakan untuk mengairi area persawahan yang terletak di sekitar air terjun tersebut. Persawahan nan hijau dan juga indah serta teratur menjadi salah satu daya tarik dari kawasan wisata alam ini.

Asal usul dari nama Sumber Maron ini diambil dari mata air. Sementara untuk nama maron sendiri ada banyak versi yang menyebutkannya. Maron sendiri menurut masyarakat setempat adalah alat untuk memasak nasi. Banyak yang mengatakan bahwa nama Sumber Maron ini disebabkan adanya maron yang dahulu dibuang di daerah ini. Sementara versi lainnya adalah bentuk dari sumber mata air ini memiliki bentuk seperti maron hingga diberi nama Sumber Maron.

Masyarakat setempat memang kerap memanfaatkan Sumber Maron tersebut untuk membudidayakan tanaman kangkung. Apalagi letak dan lokasi dari air terjun atau waterfall ini di dekat area persawahan yang memudahkan para petani untuk mengambil air dari sumber mata air terjun tersebut. Baik itu digunakan untuk mandi hingga mengairi persawahan mereka. Sekarang ini selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sumber mata air ini menjadi tempat wisata bagi para wisatawan.

Air terjun yang ada di kawasan wisata Sumber Maron ini memang tidak terlalu tinggi. Hanya sekitar 5 hingga 6 meter ketinggian air terjun tersebut. Sementara kemiringan dari air terjun ini sekitar 60 derajat. Ternyata masyarakat setempat menyebutkan air terjun ini dengan nama Grojogan Sewu. Mirip dengan nama kawasan wisata di daerah Pujon, Malang.

Ternyata bukan hanya menikmati keindahan alam di Sumber Maron saja yang bisa dilakukan di kawasan wisata alam ini. Sumber Maron memiliki sumber mata air dan juga keindahan air terjun mini yang sangat eksotis di dalamnya.

Ditambah lagi dengan adanya persawahan serta sungai dengan aliran yang cukup deras yang siap memanjakan para wisatawan yang berlibur ke kawasan wisata alam ini. Tentu saja hal ini bisa memberikan banyak aktifitas kepada para wisatawan ketika berada di Sumber Maron.

Para wisatawan bisa menikmati keindahan panorama alam khas pedesaan yang indah dan mempesona. Para wisatawan bisa berjalan-jalan dan melihat sumber mata air di Sumber Maron. Bagi yang tidak ingin berbasah ria, bisa berjalan-jalan dan juga berkeliling melihat sumber mata air di sekitar telaga.

Di sini para pengunjung bisa melihat air terjun mini dari kejauhan serta hamparan sawah dan juga hutan lindung yang mengelilingi kawasan wisata ini.

Selain itu panorama yang ada disini memang sangat indah dan eksotis. Berbeda dengan kawasan wisata coban atau air terjun lainnya seperti Waduk Selorejo atau Waduk Lahor Karangkates serta Sumber Sirah dan juga kawasan wisata alam lainnya di Malang serta batu. Pemandangan alami yang ditawarkan oleh Sumber Maron memang berbeda. Dan tentu saja bisa mendukung dunia pariwisata di kota Malang ini.

Selain menikmati suasana alam, para wisatawan juga bisa berenang dimana di kawasan wisata ini memang sudah tersedia sungai yang cukup tenang dan bisa digunakan oleh para pengunjung untuk berendam dan bermain air. Apalagi sumber mata air ini memiliki air terjun mini yang sangat aman untuk dikunjungi. Para pengunjung bisa bermain air dan juga berenang di bawah air terjun tersebut.

Di tahun 2018 khususnya dalam suasana lebaran ini memang kawasan wisata alam Sumber Maron menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Para wisatawan bisa melihat area telaga yang cukup jernih dan terletak di daerah pepohonan yang rindang. Dan area ini menyatu dengan area tepian sawah. Di area tepian sawah ini akan terasa panas ketika siang hari jika dibandingkan dengan area telaga. Tidak heran para pengunjung lebih senang berada di area telaga.

Selain cuaca lebih sejuk, bisa bermain air dengan nyaman. Di area telaga ini memang kerpa menjadi tempat pemandian bagi para pengunjung yang berlibur ke Sumber Maron. Berenang dan berendam air dan merasakan sejuknya sumber mata air di kawasan wisata alam ini memang menjadi salah satu hal yang menarik. Diantaranya yaitu Air terjun mini di Sumber Maron. Selain area telaga, di sekitar bagian bawah air terjun atau lebih tepatnya di sekitar 100 meter dari area telaga ini juga bisa digunakan untuk bermain air serta berenang. Akan tetapi di area yang dekat dengan air terjun memang sedikit lebih sulit dan sedikit berbahaya. Para wisatawan harus berhati-hati jika ingin berenang atau berendam di sekitar kawasan wisata ini.

Pasalnya di sekitar air terjun ini memiliki arus yang cukup deras. Ditambah lagi dengan bebatuan yang cukup curam serta berlumut. Alhasil di sekitar area tersebut cukup licin. Disarankan jika ingin bermain atau berenang di sekitar area tersebut harap berhati-hati. Pasalnya jika kurang waspada bisa tenggelam dan sudah banyak tragedi kejadian para wisatawan yang jatuh akibat kurang berhati-hati. Bagi yang ingin bermain air di sekitar sungai dan juga irigasi ini para pengunjung bisa menyewa ban yang bisa ditemukan di sekitar kawasan wisata alam tersebut.

Bagi yang ingin memanjakan adrenalin bisa mencoba permainan Tubing atau River Tubing. Bagi yang belum mengetahui apa itu tubing, tubing ini merupakan aktifitas ketika seseorang menggunakan ban dimana para pengunjung naik di ban tersebut dan mengikuti arus air di sekitar sungai hingga bertemu muara atau pinggiran sungai. Atraksi Tubing ini menjadi salah satu kegiatan yang diincar oleh para wisatawan ketika berada di kawasan wisata alam ini. Para pengunjung yang ingin tubing bisa menyewa ban di sekitar area wisata ini. Pilih ban yang memang digunakan untuk tubing. Biasanya di bagian tengahnya terdapat tali untuk penyangga. Untuk river tubing ini bisa dilakukan di sekitar area air terjun. Rasakan sensasi mengalir di sekitaran aliran sungai dan menikmati pemandangan di kawasan wisata Sumber Maron ini.

Selain tubing dan river tubing, para wisatawan juga bisa mencoba rafting. Di area sungai ini bisa digunakan pula untuk rafting yang memiliki aliran lebih deras. Rasakan sensasi ketika bermain rafting di sekitar kawasan wisata alam ini. Sudah banyak video di youtube tentang sensasi mencoba rafting di sekitar taman wisata alam di Malang tersebut. (*/Har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *