Wakapolda Jatim Pantau Kesiapan Polres Jember Terkait Pilkada Serentak 2018

JEMBER – ANALISAPUBLIK.COM -Wakapolda Jatim Brigjen Pol. Drs. Widodo Prihastopo, MM beserta Team melaksanakan kunjungan kerja ke Mapolres Jember dalam rangka meninjau sejauh mana kesiapan pengamanan Pilkada serentak di wilayah hukum Polres Jember, Selasa pagi (26/06/2018)

Dalam kunjungan tersebut, Wakapolda Jatim didampingi oleh Kabidhumas, Kabidkeu dan Dirsabhara Polda Jatim selaku Pamatwil Kabupaten Lumajang dan Jember. Usai di jamu dan memberikan arahan di ruang lobby pimpinan bersama Pejabat Utama Polres Jember, Wakapolda Jatim beserta rombongan selanjutnya melakukan peninjauan dan pengecekan langsung kesiapan pengamanan di TPS 005 RT 02 RW 002 Dusun Bataan Desa Candijati Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember.

Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo, S.H, S.IK, M.H memaparkan terkait kesiapan Polres Jember dalam upaya mengamankan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Dijelaskannya, bahwa situasi kamtibmas wilayah Kabupaten Jember jelang tahapan pemungutan suara, masih relatif berlangsung aman dan kondusif.

Terwujudnya situasi tersebut, tentunya tidak terlepas dari berbagai langkah-langkah srategis Kepolisian Resort Jember yang mengedepankan pola pengamanan yang proaktif preventif daripada tindakan represif responsive. Artinya, serangkaian kegiatan pengamanan pada tahapan-tahapan Pilgub Jatim, dilaksanakan dalam upaya untuk terciptanya suasana agar tetap sejuk dan damai, hingga akhir tahapan Pilkada serentak.

Ada beberapa kegiatan pokok yang dilakukan Polres Jember guna memantapkan situasi kamtibmas yang prima, yaitu ; Latihan Pra Operasi Mantap Praja, Latihan sispamkota dan simulasi penanganan situasi kontijensi, Penggelaran Pasukan, pemantapan sinergitas TNI POLRI dan Pemkab dengan penyelenggara Pilkada, Patroli bersama TNI Polri, Olahraga bersama, Deklarasi Damai Tim Kampanye, Seminar bersama Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Civitas akademika, penguatan kerjasama serta menjalin hubungan yang harmonis dengan para awak media.

Sementara itu Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs. Widodo Prihastopo, MM dalam keterangannya dihadapan awak media menyatakan, terkait potensi kerawanan di Jawa Timur. Ada 5 wilayah yang sudah memiliki 11 indikator memenuhi syarat potensi kerawanan. Diantaranya, Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Probolinggo dan Bondowoso. Saat ini Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya juga turun mengecek langsung kesiapan wilayah dalam pengamanan Pilkada Serentak yang bakal digelar besok, Rabu tanggal 27 Juni 2018.

Kegiatan pemantauan dan pengecekan secara langsung ini dilaksanakan juga untuk mènyamakan persepsi tentang upaya Polri dalam menghadapi berbagai potensi kerawanan yang ada di Kesatuan Kewilayahan sehingga keseluruhan penyelenggaraan tahapan pilkada serentak dapat berjalan dengan aman, lancar dan demokratis. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *