Midji – Norsan Menang Di Kalimantan Barat, RIcuh ! Ratusan Massa Bakar Ban

LANDAK – ANALISAPUBLIK.COM – Viral beredar berita di Media Sosial, bahwa imbas dari kemenangan telak pasangan calon Sutarmidji – Norsan pada Pilkada Gubernur Kalimantan Barat 2018, muncul riak di daerah Sambora, Ngabang dan Pahuman di Kabupaten Landak, berupa aksi bakar ban yang dilakukan pendukung salah satu pasangan calon yang kalah, namun dikabarkan aparat sudah berhasil mengendalikan keadaan.

Midji – Norsan pasangan Cagub Muslim menang telak pada Pilgub Kalbar dan salah satu faktornya dikabarkan karena warga Jawa mendukung pasangan calon Sutarmidji – Norsan, sehingga pasangan calon Karoline- Gidot yang diusung PDIP kalah telak, begitu pula Milton – Boyman.

  • Menurut hasil Quick Count LSI Denny JA, perolehan suara di Pilgub Kalbar 2018 adalah sebagai berikut :

    Sutarmidji – Norsan 54.1%
    Karolin – Gidot 38.6%
    Milton – Boyman 7.2%

Isi Broascast yang beredar:

Ini info kronologis kejadian di Ngabang
 ..Infoo…

(29/06/2018) Jumat, bertempat di  Lokasi Terminal Ngabang Kabupaten Landak Telah dilakukan aksi dari masa gabungan dari pendukung pasangan calon nomor 2  aksi Bakar Ban ditengah jalan dan memotong serta memanggang babi. Aksi tersebut di Pimpin Otoh Ketua FPDL (Forum pemuda Dayak Landak) Dengan masa sekitar 100 orang.

Adapun alasan membakar para aksi massa informasi yang diterima  wartawan terkait  postingan medsos atas nama Panji Panji yang dianggap menghina Bapak Cornelis mantan Gubernur Kalimantan Barat atas  hasil pemilu quick count dan kekalahan pada TPS sekitar terminal  Dara Itam ngabang (Dusun Tebing Tinggi, Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang) dimana dalam pemungutan suara selama ini selalu kalah . Serta kekecewaan terhadap kekalahan pasangan calon nomor 2.

Sekitar pukul 17.30 WIB (29/06/2018), massa yg berkumpul di terminal berjumlah sekitar 20 orang bergerak merusak kios – kios pedagang makanan yang berada di lapangan Bardan. Situasi tersebut akhirnya dapat di kendalikan oleh personil TNI Armed BKO Kodim dan Personil Polres Landak.

Sedangkan dari informasi warga Kecamatan Ngabang adalah kecamatan ibukota dari Kabupaten Landak,  jaraknya sekitar 200km (2jam perjalanan mobil) dari Pontianak ibukota Pontianak. Demografi kecamatan Ngabang 50%muslim, sisanya non, Untuk Kabupaten Landak nya 40%muslim,  sisanya non.

Saat ini kabupaten Landak Bupati nya dijabat oleh Karolin Margaretha Binti Cornelis,  yang cuti untuk maju pilkada Kalimantan Barat. (Har/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *