KPU Kabupaten Kediri Umumkan Sementara Tahapan Pelaksanaan Penetapan Pemilih Pemilu 2019 dalam DPSHP

KEDIRI | ANALISAPUBLIK.COM – Demi menghasilkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akurat, akuntabel dan termutakhir, KPU Kabupaten Kediri melaksanakan sosialisasi pemutakhiran data pemilih dalam rangka Pemilihan anggota legislatif dan pilpres 2019.

Dalam rapat pleno terbuka yang diagendakan oleh KPU Kabupaten kediri di ruang cendrawasih Hotel Unsumo kota Kediri pembacaan rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) untuk pileg dan Pilpres 2019 tingkat KPU.(22/7).

Pleno penetapan DPSHP tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU kabupaten kediri,Panwaslu Kabupaten kediri, PPK,dan Perwakilan 16 Partai Politik.

Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaru Iswara dalam sambutanya mengatakan di mana kegiatan ini berlangsung guna memberikan informasi jumlah data pemilih sementara hasil perbaikan(DPSHP) yang sumber data atas laporan per kecamatan(PPK) yang masuk di KPU Kabupaten Kediri dan agenda tahapan berikutnya umumkan penetapan DPSHT hasil akhir per tanggal 26 juli 2018.”ucapnya.

Data DPSHP yang masuk di KPU Kabupaten Kediri per tanggal 20 juli 2018 sebanyak 1.202.630 pemilih,yang terdiri dari 602.881 laki-laki dan 599.749 perempuan yang tersebar di 5511 tps di 344 kelurahan kabupaten kediri.

Diterangkan oleh Komisioner KPUD Kabupaten kediri Bidang Perencanaan dan Data Eka Wisnu Wardana bagi pemula yang umurnya masuk 17 tahun pada bulan april 2019 per tanggal 17 untuk memastikan memiliki KTP elektronik atau Surat keterangan dari Dinas kependudukan dan catatan sipil setempat sebagai salah satu sarat masuk dalam DPS dan kalaupun belum terdaftar untuk segera memastikan dengan mendaftarkan diri di PPS atau PPK setempat.”tegasnya.

Berharap dalam pelaksanaan pendataan daftar pemilih peran dan partisipasi masyarakat untuk mengikuti pesta demokrasi kali ini bisa maksimal baik secara data bisa masuk dalam daftar pemilih maupun tingkat kehadiran dalam pencoblosan mendatang.”imbuhnya.

Menambahkan kembali peran serta media cetak,online maupun media elektronik lainya sangat membantu sebagai tangan kanan KPU dalam mensosialisasikan pemilu kali ini.

Dalam pemuktahiran data pemilih Bawaslu Kabupaten Kediri Koordinator Divisi Pencegahan Hubungan Antar Lembaga Ali Mashudi berharap PPS, PPK dan KPU lebih teliti dan cermat kepada daftar pemilih pemula diharapkan untuk tingkat PPK dan PPS sebagai tangan KPU Kabupaten kediri bisa memaksimalkan kerjasama dalam pendataan dan benar-benar masuk sebagai DPT.(Pan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *