3 Pemuda Diringkus Satres Narkoba Polres Banyuwangi Karena Diduga Pengedar Pil Trihex

BANYUWANGI | ANALISAPUBLIK.COM – Nampaknya Tiga (3) pemuda harus menjalani pemeriksaan aparat kepolisian lantaran diduga telah mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar dan/atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan, dan mutu serta ijin edar jenis Trihexyphenidyl. Mereka diringkus anggota Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Banyuwangi, pada 23 Juli 2018 lalu, di Dusun Curahpacul, Desa Tambakrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

Ketiga pelaku tersebut adalah Dandi Irawan Putra (18th 1bl) warga Dusun Curahpacul Desa Tambakrejo Kecamatan Muncar (pelaku pertama), Moh. Ari Hidayat alias Bejo (19th) warga Dusun Krajan Desa Bagorejo Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi (pelaku kedua), dan Heri Susanto (19th) warga Dusun Krajan Desa Benculuk Kecamatan Cluring, Banyuwangi (pelaku ketiga).

“Senin lalu sekitar pukul 20.15 wib, anggota satuan kami telah berhasil menangkap pelaku pertama karena diduga dengan sengaja dan tanpa hak mengedarkan sediaan farmasi jenis Trihexyphenidil yang tidak memenuhi standar persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan, dan mutu yang tidak memiliki keahlian dan kewenangan. Dari pengembangan didapat bila pelalaku pertama mendapatkan (membeli) dari pelaku kedua, dan kemudian pelaku kedua membeli barang dari pelaku ketiga”, jelas Kasat Res Narkoba Polres Banguwangi, AKP Moh. Indra Najib, Kamis (26/7/2018).

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dijerat dengan Pasal 197 sub pasal 196 UU RI No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan Jo psl 55 KUHP.

“Dari penangkapan tersebut, berhasil diamankan barang bukti dari pelaku pertama berupa 245 butir obat Trihexyphenidil yang terdiri dari 1 bungkus isi 200 butir dan 1 bungkus isi 45 butir, uang tunai Rp. 315.000 rupiah, 1 buah bekas bungkus rokok Dunhil, dan 1 (satu) buah Hand Phone (HP). Kemudian dari pelaku kedua berupa uang tunai Rp. 500.000 rupiah, dan 1 buah HP . Dan dari pelaku ketiga, berupa uang tunai Rp. 50.000 rupiah, dan 2 buah HP”, lanjutnya. (Bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *