Kolaborasi Babinsa dan Panlak Desa, Pastikan Logistik TMMD Aman

BANJARNEGARA | ANALISAPUBLIK.COM – Kendala di lapangan dalam setiap pekerjaan pembagunan pasti ada, namun yang kita apresiasi adalah tentang bagaimana cara mengatasi setiap kendala di lapangan melalui  improvisasi pemaksimalan potensi sumber daya alam yang ada.

Tak terkecuali dalam pekerjaan TMMD Reguler 102 Banjarnegara di Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum. Minggu (29/7/18).

Terlihat satu buah truk pengangkut material yang membawa semen untuk bahan rabat beton TMMD sepanjang 1.170 meter, ban depan terperosok saat melewati jembatan semi permanen yang terbuat dari kayu pada salah satu sisi ruas jembatan penghubung antara Desa lawen dengan Pasegeran.

“Jembatan di Dusun/Desa Plipiran Kecamatan Pandanarum memang pernah ambrol, sehingga warga masyarakat menutup dengan menggunakan pokok pinus untuk memperbaikinya. Beratnya muatan truk ditambah lapuknya batang kayu adalah faktor penyebabnya. Agar distribusi tidak terhambat, kami melakukan penambalan kembali lubang dengan batang yang sama namun baru,” terang Panlak Pembangunan Desa Pasegeran, , Retno Widodo (43).

Untuk itulah, bersama Babinsa setempat, Serda Suwondo, dan warga lainnya, mereka berimprovisasi menambal kembali patahan jembatan yang terlindas truk dengan menggunakan bahan yang sama namun baru. Mereka menebangnya di kaki bukit yang banyak ditumbuhi pinus kemudian memotong sesuai ukuran ruas jembatan dan memasangnya.

Babinsa juga mengajak Sukardi (45) dan Maito (55) keduanya warga Dusun/Desa Plipiran Rt. 3 Rw. 2, untuk memperbaiki bersama jembatan yang amblas, sehingga tidak mengganggu kelancaran distribusi material menuju Pasegeran atau lokasi TMMD.

Sejak betonisasi jalan TMMD dimulai,  sampai dengan saat ini, baru kali ini truck pengangkut material terperosok saat melewati jalan penghubung tersebut. Kolaborasi dan improvisasi antara Babinsa dan perangkat desa tersebut, yang rutin berkoordinasi dalam segala hal akan jua menentukan keberhasilan pembangunan di Pasegeran. (Har/Mark/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *