Sapi Dengan Berat 1075 Kg Juarai Kontes Ternak Di Sidoarjo

SIDOARJO | ANALISAPUBLIK.COM – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam hal ini Dinas Pangan dan Pertanian dan menjelang Hari Raya Idul Adha 1413 Hijriyah, mengadakan Kontes Ternak dan Expo Peternakan di Puspa Agro, (8/8).

Agenda rutin tahunan yang dilaksanakan ini untuk mendorong dan memotivasi masyarakat terutama pelaku usaha agrobis peternakan agar pembangunan peternakan secara menyeluruh bisa ditingkatkan dalam hal mutu dan kualitas ternak, membuka peluang pasar dan juga investor untuk menanamkan modal dalam peternakan.

Acara yang dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.HUM. yang didampingi Wakil Bupati Sidoarjo dan juha dihadiri oleh Komandan Kodim 0816, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Camat Taman, Pimpinan Puspa Agro, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian lokasi sekitar Sidoarjo diantaranya Jombang, Mojokerto, dan Gresik.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Ir. Handayani, MM mengatakan bahwa kegiatan kontes ternak dan expo peternakan ini pesertanya dari 18 kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo yang diikuti 120 ekor ternak yang terdiri dari kategori sapi 48 ekor, dan untuk kambing 71 ekor. Untuk Juri dari Fakultas Kedokteran Hewan Hewan, Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, dan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo.Pada kontes ternak ini para pemenang akan medapatkan sertifikat serta uang pembinaan, yang diserahkan pada hari ini juga,” katanya.

Lanjut Handayani, kegiatan ini juga merupakan kegiatan yang menunjang kegiatan Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting UPSUS SIWAB yang merupakan kegiatan yang terintegrasi yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pertanian. Dan tujuan UPSUS SIWAB ini adalah upaya peningkatan populasi sapi secara berkelanjutan dengan memaksimalkan potensi sapi indukan dalam menghasilkan anak, sekaligus upaya swasembada daging,” jelasnya.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, SH, M.HUM, menambahkan kegiatan ini karena bisa memotivasi semua peternak untuk memperbaiki mutu bibit yang lebih baik untuk meningkatkan populasi produksivitas ternak di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Selain itu menjadi momentum yang tepat, mengingat sebentar lagi akan menyambut Hari Idul Adha tahun 1439 Hijriyah, Dimana kebutuhan hewan ternak akan meningkat untuk kurban,” ucapnya.

“Saya menghimbau kepada seluruh peternak agar memperhatikan petunjuk dan arahan dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo maupun petugas Teknis Peternakan agar peternak dapat mengembangkan dan membudidayakan ternaknya dengan baik dan populasinya dapat meningkat,” pintanya.

Masih Bupati, saya berharap juga adanya peran investor bermitra dengan peternak agar pembangunan peternakan di Kabupaten Sidoarjo ini dapat maju dan berkembang dengan pesat dan baik,” harapnya.

Untuk diketahui bahwa kontes sapi ada 7 kategori , diantaranya sapi Peranakan Ongole (PO), sapi induk hasil IB, sapi calon induk hasil IB, sapi kereman persilangan hasil IB, sapi pejantan PO dan sapi ekstrem. Dari semua kategori tersebut sapi pemenangg yang mempunyai berat badan diatas satu ton yakni sapi kereman persilangan hasil IB milik Haris Huda dari Desa Ganting – Gedangan umur 3 tahun dengan berat 1001 Kg, dan sapi ekstrem milik H. Achmad dari desa Banjar Bendo, usia 4 tahun dengan berat 1075 Kg.

Sedangkan untuk kontes kambing dan domba ada 6 kategori diantaranya Kambing PE jantan, kambing PE betina, kambing ekor gemuk jantan, kambing ekor Moreno jantan, kambing kacang jantan dan kambing ekstrem jantan. Untuk kategori Kambing pemenangnya yang mempunyai berat badan diatas 100 Kg dimenangkan oleh kambing milik Nasruloh dari Singopadu tulangan kategori kambing PE jantan umur 2 tahun dengan berat 103 Kg, dan dan kambing milik Arif Budiman dari Suko Sukodono dengan kategori kambing ekstrem jantan umur 4 tahun dengan berat 110 kg. (heri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *