Kirab Budaya Semarakkan HUT RI 73 & Bersih Desa Pandantoyo

NGANJUK | ANALISAPUBLIK.COM – Beraneka ragam kesenian budaya dan religi ditampilkan guna menyemarakkan HUT RI ke-73 dan bersih Desa Pandantoyo, Kecamatan Kertosono. Acara ini diikuti oleh masyarakat, RT, dan sekolah se-desa.

Kades Pandantoyo, Firman Hidhayat mengatakan, kirab budaya dan religi ini merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke-73 serta dalam rangka bersih Desa Pandantoyo. Banyak kegiatan yang di adakan, diantaranya lomba kebersihan antar-RT, kreasi kesenian daerah, pagelaran seni jaranan, kirab budaya dan religi, serta istigosah.

Kegiatan ini diharapkan menjadi agenda rutin tiap tahun. Nampak terlihat animo masyarakat Desa Pandantoyo sangat antusias sekali. Diharapkan melalui kegiatan ini Desa Pandantoyo bisa dikenal sebagai desa wisata, kesenian budaya, dan religi.

Kemeriahan kegiatan HUT RI ke-73 dan bersih Desa Pandatoyo ini tidak lepas dari dukungan masyarakat. Lantaran, masyarakat sangat antusias guna terselenggaranya acara ini. “Saya selaku kepala Desa Pandantoyo berterima kasih kepada masyarkat yang berpartisipasi guna menyukseskan acara ini,” ungkap Firman.

Bahkan dia juga menambahkan bahwa agenda kirab budaya dan religi ini akan dijadikan agenda rutinan tiap tahun. “Insya Allah setiap tahun kami laksanakan kegiatan ini, agar ke depan Desa Pandantoyo semakin maju dan selalu terdepan,” harapnya.

Dalam kirab budaya dengan berjalan kaki keliling desa di ikuti oleh ratusan warga masyarakat dan juga lembaga desa. “Pesertanya dari tiap RT, RW, BUMDes, kelompok tani, gapoktan, BPD, LPMD, Pemdes Pandantoyo, swasta dan elemen lain,” ujarnya. Bahkan setiap RT juga menampilkan ciri khasnya masing-masing.

Perlu diketahui bahwa dalam rangkaian bersih kegiatan tersebut, selain diadakan kirab budaya, juga menampilkan berbagai produk unggulan yang dimiliki oleh Desa Pandantoyo. (Komarudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *