Lamongan akan Kembali Gelar Pilkades Serentak

LAMONGAN | ANALISAPUBLIK.COM – Sebanyak 25 Desa dari 15 Kecamatan di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim) akan melakukan Pilkades(Pemilihan Kepala Desa) serentak, pada Minggu (26/8/2018) mendatang.

“Pilkades serentak itu untuk mengisi jabatan Kepala Desa yang kosong karena meninggal maupun habis masa jabatannya,” kata Kasubbag Perangkat dan Administrasi Desa Bagian Pemerintah Desa Lamongan, Ahmad Kurniawan, Minggu(12/8/2018).

Berdasarkan data dari Bagian Pemerintah Desa Pemkab Lamongan, 25 Desa yang mengikuti Pilkades serentak tersebut diantaranya 3 Desa di Kecamatan Laren, 2 desa di Kecamatan Kalitengah, 3 desa di Kecamatan Karangbinangun, 2 desa di Kecamatan Sambeng, satu desa di Kecamatan Maduran dan 3 desa di Kecamatan Sukodadi.

Berikutnya, di Kecamatan Lamongan, Modo, Solokuro, Glagah, Tikung, Kembangbahu dan Paciran masing-masing 1 desa, Serta Kecamatan Ngimbang dan Babat masing-masing 2 desa.

Dalam persiapan Pilkades serentak ini, dikatakan Kurniawan tahapan demi tahapan pun sudah dilalui, termasuk tahapan penjaringan calon kepala desa. Dari 25 desa yang akan mengikuti Pilkades serentak, tercatat ada 61 orang yang menjadi calon kepala desa.

“Pendaftaran calon sudah selesai, paling sedikit 2 orang calon per desa, dan paling banyak 4 orang calon, itu di Desa Kuluran, Kalitengah. Memang dalam peratutannya itu minimal 2 orang, dan maksimal 5 orang calon dalam 1 desa,” tutur Kurniawan yang juga mengatakan pihaknya sudah masuk tahapan DPT dan pencetakan surat suara.

Lebih jauh, Kurniawan mengungkapkan dari 25 desa yang akan mengikuti Pilkades serentak itu, ada tiga desa yang calonnya merupakan suami isteri. “Tiga desa itu yakni di Desa Sidokumpul Kecamatan Sambeng kemudian Desa Baturono, Kecamatan Sukodadi dan Desa Made Kecamatan Lamongan Kota,” ungkapnya.(*/MNur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *