Bakti Sosial Relawan Jatim Bersatu

SURABAYA | ANALISAPUBLIK.COM – Sebanyak 40 komunitas sosial yang tergabung dalam relawan jatim Bersatu RJB hari ini melakukan bakti sosial di rumah sakit dr Soetomo Surabaya, kegiatan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI ke 73 ini mereka memberikan bantuan berupa bingkisan, dan kebutuhan selama di rumah sakit,Juga sedikit bantuan berupa uang yang diharapkan bisa membantu biaya pengobatan para pasien yang berasal dari latar belakang keluarga tidak mampu.

Tak hanya memberikan bantuan secara materi mereka juga memberikan konseling terhadap keluarga pasien agar tidak pernah merasa putus asa dalam mendampingi putra putri mereka yang sedang berjuang untuk mendapatkan kesembuhan di rumah sakit dr Soetomo ini,
RJB adalah wadah berkumpulnya komunitas-komunitas sosial dari berbagai daerah dijawa timur, mereka terbentuk dengan mengusung kesamaan misi dalam membantu sesama, tidak hanya memberikan santunan kepada pasien yang kurang mampu.

Mereka juga berperan aktif dalam membantu korban bencana alam, seperti yang sedang terjadi di lombok saat ini. Relawan mereka sudah bergerak ke pulau lombok sejak awal terjadinya gempa, dan hingga saat ini masih terus berusaha melakukan evakuasi maupun memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat Lombok yang sedang tertimpa bencana.

Dalam agenda bakti sosial di rumah sakit dr Soetomo kali ini RJB melibatkan sekitar 100 lebih anggota relawan yang berdatangan dari berbagai daerah dari jawa timur, meskipun mereka tidak dibayar tapi antusiasme dan semangat mereka untuk membantu kepada sesama terlihat jelas disini.

Seperti Bapak magfur 48th atau biasa dipanggil max dari Magetan ini sudah datang 1hari sebelum event ini digelar.

Memang banyak cara untuk memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke 73 ini, para aktivis sosial ini memilih melakukan kegiatan yang berbeda, iwan bagus ketua sekaligus koordinator dari RJB mengatakan kalau ini sebenarnya bukanlah yang pertama RJB lakukan, sudah sering mereka sambang ke rs dr Soetomo ini untuk menyerahkan donasi untuk pasien-pasien yang kurang mampu, walaupun mereka sudah tercover bpjs maupun program jkn dari pemerintah tapi untuk biaya keseharianya di rumah sakit ini juga harus kita bantu ujarnya.

Kembali iwan bagus menyampaikan untuk komunitas sosial lain yang belum bergabung di rjb diharapkan bisa bergabung untuk lebih menjalin kebersamaan dan pengembangan kualitas dalam membantu kepada sesama, dengan begitu nantinya akan bisa membantu program pemerintah menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Relawan jatim Bersatu ini memiliki basecamp di jalan brigjen katamso 416 ruko Rewind waru Sidoarjo. Hampir setiap hari selalu ada aktivitas sosial mereka, dengan bekerja sama dengan beberapa instansi pemerintahan mereka saat ini terus aktif menampung keluhan masyarakat yang terupload di Facebook, setelah dilakukan klarifikasi dan survey maka dengan segera akan mereka tindak lanjuti.(rendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *