Supendik, Satu – satunya Pengrajin Keris Di Trenggalek Berpenghasilan 4 – 5 Juta/bln

TRENGGALEK | ANALISAPUBLIK.COM – Membuat benda pusaka seperti keris tidaklah mudah dilakukan oleh semua orang.Selain harus dibekali ketrampilan, juga harus memiliki bakat dan jiwa seni.

Keris, salah satu benda peninggalan leluhur yang memiliki nilai seni dan mistik ternyata masih banyak digemar oleh masyarakat Indonesia.Selain keris kuno, banyak pengrajin yang memodivikasi dan disesuaikan dengan perkembangan jaman tanpa merubah nama dan jenisnya.

Supendik yang lebih akrab dipanggil Kang Pendik adalah salah satu pengrajin terbaik di Jawa Timur dan memiliki penghasilan tergolong lumayan.4 – 5 juta/bln terus mengisi pundi – pundinya.

Pria berasal dari Desa Ngulan Kulon, Kecamatan Pogalan ini tidak menampik jika hasil karyanya bisa menembus pasar sampai ke luar jawa.”Saya mewarisi bakat dan jiwa seni leluhur,” terangnya, Senin (19/8).
Menurutnya, menjaga dan melestarikan barang peninggalan leluhur sangat penting.

Selain barangnya langkah juga banyak yang hilang dan rusak.”Di Indonesia ini banyak kerajaan besar bahkan mampu menguasai daratan asia.Salah satu icon kerajaan adalah benda pusaka dan salah satunya adalah keris,” imbuhnya.

Supendik menjelaskan, walaupun bahan bakunya masih harus didatangkan dari Madura, tetapi untuk alat – alat yang lain sudah tersedia.”Saya mempunyai mesin khusus untuk pembuatan keris sehingga bisa membentuk jenis yang diinginkan pembeli,” ujarnya.

Diharapkan dia, peran pemerintah daerah sangat ditunggu – tunggu, baik pembinaan serta bantuan keuangan agar usahanya bisa bertahan dan menjadi icon Kabupaten Trenggalek.”Jika bisa menjadi icon tentunya akan bermanfaat bagi pemerintah daerah,” pungkasnya.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *