Sambut HUT Polwan Ke 70, Polwan Polres Jakbar Gelar Penyuluhan Di Kalangan Pelajar

JAKARTA | ANALISAPUBLIK.COM – Pelajar sebagai agen intelektual muda merupakan garda terdepan sebagai agen perubahan, sekaligus generasi penerus bangsa. Maka penting bagi mereka untuk mendapatkan pemahaman dan wawasan yang lebih luas tentang bahaya dari penyalahgunaan narkoba dan dampak bahaya bullying dilingkungan sekolah.

Dalam hal ini, Polisi Wanita (Polwan) Polres Metro Jakarta Barat yang bertemakan “Polwan Promoter Siap Mensukseskan Agenda Kamtibmas” mengadakan penyuluhan di beberapa sekolah menengah yang berada di wilayah Jakarta barat. Program “Polwan sahabat remaja” tersebut dalam rangka menyambut Hari jadi Polwan yang ke 70 yang diselenggarakan setiap tanggal 1 September.

Kali ini, Polwan Polres Metro Jakarta Barat mengadakan penyuluhan di SMK Negeri 53 Jakarta yang berlokasi di Jalan Flamboyan No.53 Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (20/08/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Barat AKBP Lilik Haryati, SH, MH, Kapolsek Cengkareng Kompol H. Khoiri Amnas, SH MH, Polwan perwakilan dari Mabes Polri Pimpinan AKP Rina Astuti, Nara sumber Polwan Polres Metro Jakarta Barat Pimpinan AKP Arum, Kepala Sekolah SMKN 53 Widodo MM, Para Guru dan Staf Pengajar, serta 500 siswa/siswi SMKN 53 Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi SIK MH melalui kasat Binmas AKBP Lilik Haryati SH MH dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan penyuluhan, sosialisasi dan edukasi ini merupakan wujud keseriusan, kesungguhan dan partisipasi aktif Polri dalam rangka upaya menciptakan Indonesia sebagai negara yang terbebas dari bahaya Narkoba dan perilaku bullying.

“Penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar baik pada tingkat sekolah dasar maupun sekolah lanjutan atas menjadi permasalahan yang serius, kompleks dan meresahkan bagi bangsa dimana Indonesia sudah diberlakukannya darurat narkoba,” ujar Lilik.

Masih dikatakannya, berdasarkan hasil penelitian antara BNN dengan Puslitkes UI tahun 2017, didapat data angka yang mengkhawatirkan, dimana penyalahgunaan narkoba ditingkat pelajar sebesar 24 persen.

“Artinya, dari total penyalahguna narkoba didapat sebesar kurang lebih 800 ribu orang pelajar dari 3.376.115 orang penyalahguna narkoba,” Kata Kasat Binmas.

Hal yang sama diucapkan kepada anggota Sat Tahti Polres Metro Jakarta Barat AKP Arum. Ia menjelaskan tentang bagaimana dampak bahaya baik dari sisi psikis pelaku maupun korbannya dan cara pencegahan perilaku Bullying dilingkungan sekolah.

Dalam kesempatan yang sama pula, anggota Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta, AKP Rina Astuti menyampaikan materi tentang narkoba, baik dari pengenalan beberapa jenis narkoba yang marak beredar, yang ditemukan sampai saat ini, hingga dampak narkoba terhadap fisik pemakai atau panyalahguna narkoba tersebut.

“Ciri-ciri penyalahguna narkoba antaranya akan mengalami gangguan-gangguan fisik seperti berat badannya akan turun secara drastis, Matanya akan terlihat cekung dan merah, Mukanya pucat, Bibirnya menjadi kehitam-hitaman, tangannya dipenuhi bintik-bintik merah, Buang air besar dan kecil kurang lancar, Sembelit atau sakit perut tanpa alasan yang jelas.” jelas AKP Rina.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK N 53 Widodo, MM mengatakan, kegiatan Polwan Sahabat Remaja ini merupakan sebuah kegiatan yang positif bagi kalangan pelajar dan lingkungan sekolah.

“Para pelajar ini dapat mengetahui secara luas tentang pengetahuan narkoba dan bahaya perilaku bullying, semoga kegiatan ini dapat berkesinambungan,” katanya. (Solichin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *