Dianggap Belum Mampu, Sejumlah Pejabat Kab Malang Di Rotasi

MALANG | ANALISAPUBLIK.COM – Sejumlah pejabat di Kabupaten Malang, mulai dari tingkat Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas, Camat, Kepala Bidang, yang di anggap belum mampu menjalankan tugas dengan baik dan maksimal, Kamis (30/8) di rotasi.

Pertimbangan pergeseran pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Malang Dr.H Rendra Kresna kali ini, didasarkan dari hasil pengamatan oleh pimpinan Sekretaris Daerah (Sekda), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) serta Bupati Malang.

Selain itu, juga adanya informasi yang didapatkan dari internal pada saat penilaian kinerja dan adanya aduan dari masyarakat.

“Pergeseran pejabat ini, benar atas dasar penilaian dari Sekda dan BKD serta adanya laporan dari masyarakat,” aku Rendra.

Seperti aduan dari masyarakat menyangkut perizinan, Idealnya, pada waktu data permohonan masuk, petugas harus langsung antisipatif mendatangi si pemohon, bukan hanya menunggu pemohon memperbaiki data dan kelengkapannya.

”Kita harus aktif. Sekali terlambat memproses izin, maka keterlambatan cukup banyak dan menghambat penanaman modal,”kata Rendra.

Jadi, dalam bekerja kalau seorang pejabat tidak dapat menunjukkan tanda-tanda kemajuan, berarti ini ada problem. Untuk itu, harus di ganti dan dicarikan pemimpin yang tepat, tegasnya.

Usai prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Bupati dua periode itu menjelaskan, penempatan jabatan baru bagi pejabat ini belum sepenuhnya melengkapi seluruh jabatan yang ada di OPD Kabupaten Malang.

Masih ada jabatan yang diisi oleh PLT. Jadi Pemkab Malang masih akan membentuk lagi Panitia Seleksi (Pansel) dulu sebelum menentukannya, lanjut Rendra.

Pansel ini nantinya kata dia, berasal dari perguruan tinggi, BKD Provinsi, Badan Kepegawaian Nasional, tokoh masyarakat dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang.

Dirinya berharap, semoga para pejabat yang dilantik ini, mampu menjalankan tugas dengan baik dan maksimal.

Tercatat, dari 82 pejabat yang menerima jabatan baru di antaranya, Abdul Haris menjabat sebagai Staf Ahli Bupati, Kabag Administrasi Kerjasama Setda berganti jabatan sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDA.

Agung Purwanto yang sebelumnya sebagai Kabag Administrasi Perekonomian Setda menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian Keuangan dan Pembangunan.

Kemudian, Abdurachman, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan menjabat sebagai Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda yang sebelumnya dijabat Sri Lestari Wahyuni, yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Sedangkan Nazarudin Hassan, Kepala Dinas Kominfo menjabat sebagai Kasatpol PP, menggantikan Holidin yang akan menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sementara Mursyidah, sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, kini menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, diganti oleh Iriyanto.

Kabag Humas dan Protokol Untung Sudarto kali ini juga ikut dalam rotasi, yakni mengisi jabatan barunya sebagai Kabag Administrasi Perekonomian Setda. (Asral)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *