Desa Blimbing Laksanakan Bersih Desa Dengan Berbeda Di tahun Sebelumnya

KEDIRI | ANALISAPUBLIK.COM – Bersih desa telah menjadi sebuah tradisi wajib di setiap daerah seperti halnya di Desa Blimbing, Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri masih melestarikan tradisi bersih desa sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan.

Bersih desa biasa digelar dengan berbagai ritual selamatan dan upacara adat untuk mempersembahkan sesaji kepada leluhur desa. Persembahan sesaji diberikan sebagai wujud rasa syukur atas berkah yang diberikan Sang Pencipta

Dengan beberapa warga yang mengenakan pakaian adat Jawa lengkap dengan udeng (ikat kepala) sembari membawa makanan
yang diletakkan di tempat yang terbuat dari pelepah pisang dengan alas bambu dan sementara warga lainnya juga melakukan hal serupa,hanya saja mengenakan pakaian biasa.

Agus Dwi Waluyo menuturkan rangkraian ritual bersih desa biasa diawali sejak siang hingga malam hari dengan rangkaian kegiatan pada siang hari meliputi ritual bersih desa,berdoa bersama dengan masyarakat,sedekah bumi, dan makan bersama sebagai simbol kerukunan warga.

Menambahkan ada hal yang berbeda untuk bersih desa kali ini dimana yang biasa di tahun-tahun sebelumnya diadakan dengan cara perang nasi tumpeng saling lempar saat ini lebih mengedepankan kebersamaan dengan menikmati bersama-sama”ungkapnya.

Berharap kegiatan bersih desa bisa terus dilestarikan bersih desa dan ini merupakan warisan budaya yang wajib dipertahankan dengan melalui tradisi ini,sedapatnya dapat terbina toleransi serta kerukunan warga desa bisa terus dipupuk dan semakin maju.(Pan/Mun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *