Bawaslu Indramayu Temukan Pelanggaran Jelang Kampanye Pemilu 2019

INDRAMAYU | ANALISAPUBLIK.COM – Bawaslu Kabupaten Indramayu temukan pelanggaran berupa postingan-postingan sebanyak 228 melalui media sosial dan 89 alat peraga bujukan di luar jadwal, jelang masa kampanye yang akan dibuka pada tanggal 23 September 2018.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Indramayu, dalam perannya mengawasi penyelenggaraan Pemilu, jelang masa kampanye yang akan dibuka pada tanggal 23 September 2018, telah di temukan sejumlah alat peraga kampanye yang melanggar aturan.

Alat peraga kampanye yang di duga melanggar dan melakukan kampanye diluar jadwal Bawaslu Kabupaten Indramayu, berupa postingan-postingan sebanyak 228 melalui media sosial dan 89 alat peraga bujukan di luar jadwal, di mana jelas melanggar aturan, Perbawaslu tahun 2008 nomor 7 tentang Penanganan Temuan dan Pelaporan Pelanggaran.

Hal itu dikatakan kepala Bawaslu Kabupaten Indramayu melalui Kepala Bidang (Kabid) Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Supriyadi SH ia menjelaskan, agar suasana kembali Netral menjelang masa kampanye yang dibuka tanggal 23 September 2018, sudah di temukan beberapa pelanggaran seperti 228 alat peraga melalui media sosial dan 89 alat peraga bujukan di luar jadwal kampanye.

“Hasil kajian dan penyilidikan Bawaslu Indramayu telah menemukan 228 alat peraga melalui media sosial dan 89 alat peraga bujukan yang di mana di luar kampanye jadwal Bawaslu Indramayu,”jelasnya. Rabu. (05/09).

Dirinya menambahkan ada aturan tertentu yang harus diketahui dalam masa-masa kampanye seperti halnya perihal Pemilihan Legislatif (Pileg) di dalam undang-undang, disebutkan setiap Calon Legislatif yang masuk Daftar Calon Tetap (DCT) tidak diperbolehkan melakukan kampanye sebelum waktu yang ditentukan.

Tentu jelas tertera pada undang-undang kampanye diatur dalam nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, PKPU Nomor 5 tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU, Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan Pemilu program dan jadwal Pemilu 2019 dan PKPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilu.

“Sesuai aturan saja bahwa kampanye pemilu 2019 dilakukan 3 hari setelah penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) oleh KPU Kabupaten Indramayu penetapan DCT dijadwalkan pada 20 September 2018 mendatang,”tambahnya. (M.Toyib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *