2000 Nelayan Biak Telah Terasuransi

BIAK | ANALISAPUBLIK.COM – Dua tahun terakhir sebanyak 2000 nelayan telah terasuransi jiwanya. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Biak, Efenďi Igirisa di Biak. Kamis (13/9).

” Program asuransi nelayan sdh kami lakukan di tahun 2016, dengan kuota yang tersedia 800 nelayan. Ditahun 2017 meningkat menjadi 1200 nelayan, sehingga total keseluruhannya ada kurang lebih 2000 nelayan.” Tutur Efendi

Asuransi nelayan bermanfaat bagi nelayan bila mengalami kecelakaan di luar aktivitas sebagai nelayan. Jaminan perlindungan atas risiko nelayan, ini telah diperkuat dengan payung hukum berupa Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 Tahun 2016.

Di tahun 2018 , Klaim asuransi nelayan ini sudah di berikan kepada 2 orang nelayan yang meninggal karena sakit . Masing – masig Rp. 40 juta. Sedangkan 1 orang nelayan lainnya asuransinya tidak dapat diberikan karena jangka waktu pelaporannya telah melewati batas waktu yaitu 1 bulan setelah kejadian meninggal. Jelas Efendi.

Ia berharap, nelayan yang berada di Biak dapat mengansurasikan dirinnya. Di tahun 2018 asuransi nelayan dibayar secara mandiri oleh nelayan dengan premi asuransi Rp. 180 ribu perbulan. (Jer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *