4 Kampung di Biak Jadi Sasaran Pengembangan Konservasi Laut Provinsi Papua

BIAK | ANALISAPUBLIK.COM – Empat Kampung di Distrik Padaido Aimando Kabupaten Biak Numfor jadi prioritas pengembangan konservasi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua di Tahun 2018.

” Prioritas pengembangan kawasan konservasi saat ini, adalah daerah – daerah yang memiliki potensi laut yang melimpah.” Kata Absalom Salosa, S. Pi Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Ruang Laut, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua pada Sosialisasi pemanfaatan Kawasan Konservasi Perairan pesisir dan Pulau-Pulau Kecil yang dilaksanakan pada Kamis (13/9) di Hotel Arumbai Kabupaten Biak Numfor.

” Empat kampung ini rata – rata, mereka punya terumbu karang yang indah, penyu dan ikan yang bagus.” Sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Biak Numfor Efendi Igirisa menegaskan, perlu peningkatan pengawasan di daerah kawasan konserfasi melalui kerjasama provinsi.

“Mengapa perlu kerjasama daerah dan provinsi dalam peningkatan pengawasan konserfasi ? Alasannya, berdasarkan UU nomor 23 tahun 2014 tentang laut mengamanatkan urusan kelautan, pesisir dan pulau-pulau kecil, 70 persen diambil alih oleh pemerintah pusat dan 30 persen diambil alih oleh pemerintah daerah provinsi dan tanpa melibatkan pemerintah kabupaten atau kota”. Ungkapnya.

Pemanfaatan Kawasan Konservasi Perairan dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan tertib pemanfaatan kawasan konservasi perairan di bidang penangkapan ikan, pembudidayaan ikan, pariwisata alam perairan serta penelitian dan pendidikan berdasarkan asas dan prinsip konservasi Sumber Daya Laut. (Jer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *