Pelatihan Perawatan Alat Tangkap Rawai Dasar dan Navigasi Kapal Perikanan Bagi Nelayan Kabupaten Biak Numfor

BIAK | ANALISAPUBLIK.COM – Guna memanfaatkan potensi sumberdaya alam laut yang ada khususnya terkait dengan pengembangan perikanan tangkap Dinas Perikanan kerjasama BP3TK Kota Tegal laksanakan Pelatihan Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan Dengan Alat Tangkap Rawai Dasar dan Navigasi Kapal Perikanan Bagi Nelayan di Kabupaten Biak Numfor. Di Kampung Insrom Distrik Biak Kota. Jumat (14/9).

Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan optimalisasi potensi perikanan tangkap di Biak serta diharapkan dapat menghasilkan nelayan-nelayan yang mandiri. Kata Muhammad Asril, S. Pi Widiya Iswara Madya kota tegal.

Proses pelatihan yang dilaksanakan meliputi kegiatan Praktek Pembuatan Rawai Dasar, Praktek Penangkapan Ikan dengan Rawai yang sudah dibuat dengan langsung turun ke laut. Beberapa bagian alat tangkap yang digunakan yakni, tali selambar, pelampung, tali pelampung, tali utama, tali cabang, tali pemberat, pemberat, tali jangkar, dan jangkar. Tutur Derek Luis Wambrau Nelayan di Kampung Insrom.

Dengan dilaksanakannya Pelatihan Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan Dengan Alat Tangkap Rawai Dasar Bagi Nelayan di Biak ucap Kadis Perikanan Efendi Igirisa untuk meningkatkan pengetahuan dan memahami pembuatan serta penggunaan alat tangkap rawai dasar yang dimulai dari bagaimana merencanakan, membuat atau merealisasikan serta mempraktekkan langsung rawai dasar yang telah dibuat.

” Dengan meningkatnya pengetahuan nelayan dibidang pembuatan dan pengoperasian alat tangkap Rawai Dasar, diharapkan semakin meningkatkan semangat kerja nelayan dalam peningkatan produksi hasil tangkap” ucap Efendi. (Jer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *