Permintaan Luar Daerah, Garam Indramayu Meningkat

Untuk bahan kebutuhan pembuatan pabrik garam halus dan keperluan usaha ikan asin. Di wilayah Jabodetabek sejumlah petani garam di Desa Muntur Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu alami peningkatan produksi garam.

INDRAMAYU I ANALISAPUBLIK.COM – Sejumlah petani garam di Desa Muntur Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu, sumringah pasalnya produksi garam, tiba-tiba dimintai untuk memasok garam untuk luar daerah Indramayu, seperti Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi) untuk bahan kebutuhan pembuatan pabrik garam halus dan keperluan usaha ikan asin.

“Tidak tau kenapa kemarin ada dari Bekasi sama Jakarta, minta garam pada kita, untuk kebutuhan pabrik garam dan usaha ikan asin disana,” kata Juliana salah satu Petani Garam Blok Kitir Desa Muntur Kecamatan Losarang Indramayu. Senin (24/09)

Menurutnya produksi garam pada musim kemarau saat ini di desanya, sedang masa-masa panen, karena terkena langsung oleh cahaya matahari, dalam presentasenya dalam kurun waktu satu bulan dirinya bisa menghasilkan garam 1.2 ton, namun karena faktor cuaca tidak bersahabat beberapa hari ini, produksi garam turun menjadi 1 ton.

“Kita sudah tahu kalau musim kemarau air laut cepat jadi garam, tentu disini mungkin kurang lebih 1 bulan kita bisa produksi garam mencapai 1.2 ton, tapi saat ini hanya 1 ton garam karena, sudah 3 hari gerimis dan mendung,” katanya. (M.Toyib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *