Jalin Silahturahmi Bank Indonesia Kanwil Kediri Gandeng Media

KEDIRI | ANALISAPUBLIK.COM – Guna menjalin hubungan komunikasi dan peran media sebagai sumber informasi masyarakat kali ini Bank Indonesia Kanwil Kediri menggelar kegiatan yang di ikuti sekitar 30 media baik dari media elekteronik, media cetak ataupun media online.

Dengan tema ‘Capacity building media mitra kantor perwakilan Bank Indonesia Kediri’ kegiatan dilaksanakan di Gedung Triwindu The Sunan Hotel Solo mulai dari tanggal 28-30 September 2018.

Hadir dalam kegiatan tersebut Nasrullah yang juga selaku kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia kantor Perwakilan Kediri menjelaskan dimana mulai dari arti sendiri secara definisi BI atau bank sentral, serta visi dan misi serta peran serta bank indonesia sendiri dengan pemerintah saat ini.

Dicontohkan salah satunya dalam pengendalian atau kestabilan nilai rupiah dimata bank dunia yang nantinya apa bila berdampak buruk juga akan mempengaruhi perekonomian tingkat bawah yang ada di masyarakat.

 

Sebagai lembaga keuangan sentral yang berperan strategis bagi perekonomian suatu negara secara garis besar peranan trategis BI atau bank sentral dapat dilihat dari enam peran dan fungsi bank sentral,” ungkapnya. Antara lain bank sebagai sirkulasi, kasir pemerintah, banker’s bank, otoritas moneter, otoritas sistem keuangan dan otoritas sistem keuangan.

Sonaji selaku manajer Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan BI Kediri juga menjelaskan dimana kali ini GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) yang baru bergerak di Indonesia sangat membantu masyarakat dalam memberikan pelayaran di semua transaksi yang dilakukan oleh konsumen pelaku perbankan.

Dirinya menambahkan secara definisi GPN dimana suatu sistem yang mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran yang dimana memfasilitasi pelayanan secara elektronik dengan interkoneksi dan interoperabilitas yang secara mudah akses pengunaannya bisa gunakan diseluruh indonesia.

Dengan penggunaan kartu GPN sangat menguntungkan dan bisa di akses di semua transaksi contohnya pembayaran tol, transaksi pembayaran debet berbelanja ataupun sistem pemgiriman walaupun berbeda bank.

Pihak peran serta dalam GPN antara lain sebagai penyelenggara GPN yang meliputi lembaga standart, lembaga switcing dan lembaga service. Dan di pihak yang tehubung dengan GPN meliputi penerbit, acquirer, penyelenggara payment gateway dan pihak lainya yang ditetapkan oleh BI sendiri,” ucapnya. (PAN/MUN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *