Penandatangan Kesepakatan Bersama Satlak P4GN Lamongan Dengan BNK Pulang Pisau Kalteg Mencegah Peredaran Narkoba

LAMONGAN | ANALISAPUBLIK.COM – Satlak Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Lamongan terus melakukan berbagai upaya pencegahan peredaran narkoba untuk menyelamatkan generasi muda di Lamongan, mengingat salah satu dampak dari penggunaan narkoba adalah merusak massa depan.

Menurut Ketua Satlak P4GN Lamongan Kartika Hidayati, pihaknya kini  intensifkan kerjasama untuk mencegah generasi Lamongan terhadap penyalahgunaan narkoba. Salah satunya dengan melaksanakan kerjasama P4GN dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Nota kesepakatan bersama tersebut diteken Kartika Hidayati dengan Ketua Pelaksana BNK Pulang Pisau Kompol Endro Aribowo yang juga Wakapolres Pulang Pisau di Ruang Sasana Nayaka Pemkab Lamongan. Hadir pula dalam kesempatan itu Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang.

Sementara Kartika Hidayati mengatakan kerjasama tersebut sebagai bentuk lain dari upaya Satlak P4GN Lamongan berkerjasama lintas instansi dan sektoral dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika.

“Selama ini Satlak P4GN Lamongan telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Lamongan, melakukan sosialisasi secara berkala di berbagai sekolah di Lamongan terkait bahaya narkoba” kata Kartika Hidayati.

Selain itu, Lanjut perempuan yang juga sebagai Wakil Bupati Lamongan, juga bekerjasama dengan TNI, Polri, Kejaksaan dan Lembaga Pemasyarakatan dengan menyediakan test pack untuk mendeteksi penggunaan narkoba.

“Sedangkan terkait penyalahgunaan carnophen sebagai suplemen, juga terjadi di wilayah pantura Lamongan. Karena itu Satlak P4GN menggencarkan edukasi terkait bahaya carnophen di wilayah ini” ungkapnya.

Kartika juga menegaskan ruang lingkung kesepakatan bersama antara P4GN Lamongan dengan BNK Pulang Pisau, Kalimantan Tengah tersebut diantaranya meliputi kegiatan tukar menukar data dan informasi serta upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Di sisi lain, Ketua Pelaksana BNK Pulang Pisau Kompol Endro Aribowo menjelaskan tujuannya bekerjasama dengan Satlak P4GN Lamongan karena saat ini ada dermaga baru yang menghubungkan Pulang Pisau dengan Lamongan.

Adanya akses transportasi baru tersebut perlu diantisipasi pula ekses negatif, terkait kemungkinan penyebarluasan dan penyalahgunaan narkotika” tegas Pria yang juga sebagai Waka Polres Pulang Pisau itu.

Kompol Endro Aribowo  juga menyebutkan. “Saat ini di Pulang Pisau terjadi penyalahgunaan narkotika berupa carnophen oleh pekerja tambang. Mereka menggunakannya sebagai semacam suplemen saat bekerja. Maka harus ada upaya yang serius untuk melakukan pencegahan terhadap peredarannya sebelum semakin merusak massa depan penggunanya,” pungkasnya. (GOG/NUR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *