TNI AU Bangun Skuadron Udara 27 di Biak

BIAK | ANALISAPUBLIK.COM – Markas Besar TNI Angkatan Udara (TNI AU) akan menambah kekuatan pengamanan di wilayah Papua dengan membangun Skuadron Udara 27 di Pangkalan Udara (Lanud) Manuhua Biak Provinsi Papua. Fasilitas ini ditargetkan tuntas Juni 2019.

“Pembangunan fisik akan dimulai senin pekan depan.” Kata Komandan Lanud Manuhua Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto di Biak, Jumat (12/10).

Ia mengatakan, pekerjaan dimulai dengan mengukur tinggi, luas tanah, pengukuran struktur tanah, dan pembersihan areal hanggar yang akan dijadikan sebagai apron. Sedangkan bangunan yang ada akan direhap sebagai perkantoran, karena bangunannya dalam kondisi baik.

Menurutnya, Skuadron Udara 27 ini akan ditempatkan tiga pesawat angkut ringan buatan Indonesia yaitu CN-235 yang mampu mendarat di landasan-landasan yang pendek.

Danlanud berharap, dengan adanya CN-235 membantu perekonomian di tanah Papua ke landasan yang kecil seperti di pulau Numfor yang selama ini cukup sulit dijangkau,” tuturnya.

Pasukan yang bertugas mencapai 400 hingga 500 anggota, dan ditargetkan pada bulan Februari sudah mulai beroperasi Skuadron Udara 27 Lanud Manuhua Biak,” kata Marsma TNI Fajar Adriyanto. (JER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *