BPJS Kesehatan Aceh Tamiang Bantah Rumor Biaya Persalinan Dihapuskan

ACEH TAMIANG | ANALISAPUBLIK.COM – Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang menepis rumor yang beredar bahwa biaya persalinan dihapuskan dari BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Aceh Tamiang, Sri Mahfuzi menjelaskan. “Pelayanan kesehatan persalinan itu tetap dijamin oleh BPJS Kesehatan, isu yang beredar kalau itu dihapuskan itu tidak benar,” kata Sri, saat dikonfirmasi analisapublik.com, Senin (15/10).

Sebelumnya beredar isu bahwa biaya persalinan harus bayar, karena BPJS tidak menanggung biaya persalinan lagi, tapi itu dibantah langsung oleh kepala BPJS Kesehatan Aceh Tamiang.

Lebih lanjut Sri Mahfuzi menambahkan. “Hal persalinan itu sesuai peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan nomor : 03 thn 2018 tentang penjaminan pelayanan persalinan dengan bayi baru lahir sehat dalam program jaminan kesehatan, BPJS Kesehatan menjamin pelayanan persalinan dan bayi baru lahir,” ujarnya.

Bayi baru lahir sebagaimana dimaksud dengan kondisi sehat yang mendapatkan pelayanan neonatal esensial dan tidak membutuhkan perawatan dengan sumber daya khusus, baik dilahirkan melalui tindakan bedah caesar maupun persalinan pervaginam, dengan penyulit atau tanpa penyulit, dibayar dalam satu paket persalinan, pungkasnya lebih lanjut.

“Dikecualikan dari ketentuan untuk bayi lahir yang membutuhkan perawatan dengan sumber daya khusus sebagai mana dimaksud dibayar terpisah dari paket persalinan, ini diperuntukkan bagi FKRTL,” tegas Sri Mahfuzi diruang kerjanya. (MYDI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *