Memperingati Hari Santri Nasional, Yayasan Al-Muniroh Kirab Obor Dengan Berholawat

GRESIK | ANALISAPUBLIK.COM – Dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Yayasan Pondok Pesantren Al-Muniroh yang terletak di Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur, mengadakan kirab obor dan dorrprice, Minggu (21/10).

Santri masa kini juga harus paham sejarah. HSN adalah momentum memperingati keluarnya Resolusi Jihad oleh pendiri NU Hasyim Asy’ari pada masa mempertahankan kemerdekaan.

“Santri masa kini harus diaktualisasikan dengan berbagai hal antara lain belajar agama islam dan menolak paham-paham radikalisme,” kata Uswatun salah satu pengasuh pondok.

Kirab obor diikuti semua warga Yayasan dari mulai TK Al-Muniroh, Mi Al-Muniroh, MTS Al-Muniroh, MA Muniroh, beserta wali murid, seperti yang disampaikan Haris Alaikum selaku ketua panitia. “Banyaknya peserta kurang lebih sebanyak 800 sampai 900 orang,” jelasnya.

Acara tersebut juga digelar guna memperingati Jasa para ulama, umumnya pada lingkup pondok dan juga mengingatkan para santri akan kontribusinya terhadap berdirinya bangsa dan negara.

“Santri juga punya kontribusi berdirinya republik indonesia, maka dari itu pihak Yayasan membuat Acara untuk memperingati hari santi ini dengan Kirab Obor,” tambah dia.

Pemuda yang juga pengasuh pondok Al-Muniroh itu juga memberitahu maksud dan arti tentang kirab obor tersebut ” makna filosofis yang terkandung dalam kegiatan ini juga sangat dalam ialah Mengenang jasa para sesepuh pondoh yang dulu memperjuangkan Ajaran dengan Jalan sambil baca sholawat”.

Tidak hanya kirab dan membagian door price Yayasan mempunyai 3 agenda dalam memperingati hari santri yaitu Arak obor, pengajian untuk masyarakat dan khotmil Qur’an bagi santri. (AMY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *