Gotong Royong Adalah Warisan Leluhur Yang Hampir Punah

BATANG | ANALISAPUBLIK.COM – Dandim 0736/Batang, Letkol Kav Hendry Napitupulu sangat mengapresiasi antusias masyarakat Desa Durenombo yang melakukan gotong royong di kegiatan program TMMD reguler ke 103 tahun 2018 bersama TNI yang sudah berjalan selama kurang lebih 7 hari.

“Dengan merakyatnya jajaran TNI di daerah ini merupakan wujud dari keberhasilan program TNI Manunggal Membangun Desa,” tegas Dandim 0736/ Batang disaat berkunjung ke lokasi TMMD di Desa Durenombo Minggu (21/10/2018) kemarin.

Gotong-royong pada kegiatan program TMMD reguler ke 103 tahun 2018 antara masyarakat bersama TNI yang sudah berjalan selama kurang lebih 7 hari di Desa Durenombo. Dandim 0736/ Batang berharap program TMMD reguler ke-103 tahun 2018 ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat sebagai sarana transportasi sehingga dapat mensejahterakan ekonomi masyarakat Desa Durenombo.

Selain itu, dia mengatakan budaya gotong royong hampir mulai punah, apa lagi di era modern seperti sekarang ini. Namun tidak bagi warga Desa Durenombo Kecamatan Subah, Kabupaten Batang yang gotong-royong bersama TNI AD.

Masyarakat dan TNI AD bekerjasama melakukan peningkatan jalan melalui program TNI Manungal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-103 tahun 2018.
Peningkatan jalan ini dimulai dari Dusun Durenombo ke Dusun Durensari menuju Desa Durenombo, seperti pengambilan sirtu, pemasangan gorong gorong dan sasaran fisik lainya.

“Selain sasaran fisik, TMMD reguler ke-103 tahun 2018 juga melaksanakan sasaran non fisik. Seperti anjangsana ke rumah warga, yasinan bersama di masjid, pemutaran film bersejarah dengan tujuan menanamkan rasa nasionalisme masyarakat,” ujar Dandim.

Sementara itu, salah satu warga Desa Durenomno, Gemek Susanto (30) mengaku senang dengan adanya TNI masuk kedesanya terlebih dalam membangun jalan desa sehingga, dapat mempercepat perkembangan desa.

“Gotong royong yang kami miliki dulu hampir terkikis habis. Kini setelah TNI masuk Desa terasa menghidupkan kembali rasa kegotong royongan dan kebersamaan, terima kasih TNI,” ungkap Gemek.

“Masyarakat sangat mendukung program TMMD dan siap ikut bergotongroyong membantu pembuatan jalan penghubung Dusun Durenombo ke Dusun Durendar. Masyarakat sangat antusias berkerjabakti membantu TNI dalam pembuatan jalan hingga selesai,” tambahnya. (WAN/RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *