Gathering Peran Media Bersama KPU Kabupaten Kediri Dalam Sosialisasi Pemilu 2019

KEDIRI | ANALISAPUBLIK.COM – Dalam kegiatan bertajuk “Peranan media dalam sosialisasi tahapan pemilu 2019″yang di adakan oleh KPUD Kabupaten Kediri bertempat di Rm.Kebonrojo Kota Kediri dihadiri sekitar 130 peserta baik dari seluruh wartawan biro kediri, PPK kabupaten kediri serta perwakilan anggota komisioner KPU Propinsi dan juga turut hadiri ketua PWI Kediri dan AJI Kediri selaku nara sumber, Kamis siang (7/11).

Dimana dengan tema tersebut tidak lepas bahwa peranan media sangatlah penting dalam segi apapun termasuk saat ini menjelang pesta demokrasi atau biasa disebut dengan Pemilu yang akan diselenggarakan April 2019 mendatang.

” Media sebagai lingkaran politik di indonesia”yang digunakan bahan diskusi sangatlah menyentuh baik media cetak,media elekronik maupun media online sebagai sumber informasi faktual dan riil yang dibutuhkan masyarakat di era saat ini.

Dikatakan oleh ketua PWI Mega wulandari “dengan menyikapi berita hoax yang menjadi lawan jurnalis ataupun wartawan yang cenderung selangkah lebih maju dengan peran medsos yang saat ini semakin viral berharap masyarakat tidak langsung menanggapi akan hal itu karena ditakutkan akan hal ini menjadi dampak dan efek balik apabila berita ataupun informasi yang beredar tidak dengan sebernarnya sesuai kaidah dan aturan dalam penulisan berita seperti apa yang dilakukan pemberitaan oleh wartawan ataupun jurnalis.

Hari Tri Warsono selaku perwakilan AJI mengungkapkan “banyak cara dalam menyikapi suatu informasi yang beredar benar atau tidaknya dengan melihat acuan geogle sebagai bahan dasar kebenaran informasi yang ada atau melihat dengan blog kiriman berita tersebut sudah berbadan hukum secara legalitas dan dari web yang ada apakah sudah terdaftar di dewan pers dengan bukti pendirian suatu PT karena dimana dengan adanya pendirian perusahaan itu sebagai acuan keabsahanya di bidang indsutri informatika”.

Tidak luput juga yang kebetulan Gogot cahyo Baskoro yang awalnya juga seorang jurnalis yang saat ini duduk di KPU Propinsi selaku anggota komisioner sangat tahu betul kaidah dan aturan dalam pemberian suatu informasi kepada masyarakat,berharap masyarakat tidak memakan mentah berita yang ada karena banyaknya sandungan-sandungan hukum apabila masyarakat tidak jeli dan cermat dalam menyikapi suatu informasi.

Menambahkan sejalan dengan dekatnya waktu pesta demokrasi mendatang untuk panjang tangan tugas selaku PPK berharap bisa bekerja dan memfilter informasi yang di berikan kepada masyarakat serta sedapatnya bekerja sesuai dengan aturan-aturan dalam menjalakan tugas sesuai tupoksi yang berlaku. (PAN/MUN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *