Prajurit Kodim Batang Ini, Ternyata Piawai Berburu Sudut Berita

BATANG | ANALISAPUBLIK.COM – “Wartawannya Tentara” Rangkap tugas yang dibebankan satuan kepadanya bukanlah pekerjaan yang biasa dilakoni sebagai pemburu berita. Adalah Serda Muchibin, Babinsa Koramil 12 Tulis Kodim 0736 Batang, melakukannya dengan mengambil sudut pandang berbagai aspek masyarakat sasaran.

Aspek masyarakat dimaksud adalah : perekonomian, pendidikan, kesehatan, keamanan lingkungan maupun potensi pariwisata lokal coba digali untuk dipublikasikan ke umum, semua demi peningkatan kesejahteraan warga sasaran TMMD, Desa Durenombo Kecamatan Subah dan sekitarnya. Selain harus melakukan peliputan dalam menggali seluruh potensi tersebut, dirinya juga sekaligus menyisipkan berbagai penyuluhan door to door semisal wawasan kebangsaan dan bela negara, Narkoba, HIV/AIDS dan KB.

Tugas dari Dandim/Dansatgas TMMD, Letkol Kav. Henry R.J Napitupulu akan dilakukannya mulai dari upacara pembukaan TMMD sampai dengan penutupan 14 November mendatang. Terkadang dalam peliputan di lapangan ia juga terlibat membantu warga dan Satgas TMMD yang sedang bekerja. Merasa tidak tega hanya sekedar jepret sana dan jepret sini saja, sedangkan Ibu-ibu, anak kecil bahkan Lansia mandi keringat meratakan split dan pasir di pengaspalan sepanjang 2,3 kilometer dan bedah 5 Unit RTLH.

Ponsel di saku, tangan pun mereka kotori dengan pasir, batu maupun spesi. Berbekal pengarahan rekan-rekan yang berada di kantor Jurnalistik TMMD Reguler 103 Kodim, kini Muchibin tampak piawai dalam menggali bahan di lokasi TMMD layaknya wartawan sungguhan. Rabu (7/11/18).

”Di lokasi TMMD semua bisa jadi berita, namun masalahnya, berita yang jika ditulis berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat itu yang saya masih perlu banyak saya pelajari. Setiap wawancara tak lupa saya menanyakan nama, umur, pekerjaan, penghasilan perhari serta tanggapan maupun saran terkait hadirnya TMMD ini. Jadi tambah pengalaman saya ditugaskan Dandim.” ungkapnya saat mendokumentasikan pekerjaan finishing rehab RTLH Gemek Susanto (29) buruh serabutan Dusun/Desa Durenombo Rt. 3 Rw. 2. (AD/RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *