Suasana Haru Iringi Acara Pisah Sambut Kapolres Banyuwangi, Begini Kesan-Kesannya

BANYUWANGI | ANALISAPUBLIK.COM – Pisah sambut pergantian pemegang tongkat komando tertinggi ditingkat Polres digelar di Mapolres Banyuwangi, Selasa (13/11/2018). Acara tersebut mengangkat tema “Farewell Parade Kapolres Banyuwangi dari AKBP Donny Adityawarman, SIK.,M.Si. Kepada AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, SIK,SH,MH”.

Terlihat isak tangis mewarnai acara tersebut. Suasana haru itu terjadi pada prosesi tradisi ritual pedang pora yang dibawakan oleh puluhan perwira dibawah jajaran Polres Banyuwangi.

Diawali dengan pengalungan bunga dari Kapolres yang baru kepada kapolres yang lama serta pemberian bunga dari ketua bayangkari yang baru terhadap ketua banyangkari yang lama, dalam ritual pedang pora itu, AKBP Donny Adityawarman, SIK.,M.Si bersama istrinya selaku ketua bayangkari yang lama, nampak terlihat berkaca-kaca matanya menahan air mata, saat berjabatan tangan dengan para anggota jajaran Polres Banyuwangi sebagai tanda perpisahan.

Kemudian AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, SIK,SH,MH, yang juga didampingi istrinya sebagai ketua bayangkari yang baru, mengikuti dibelakangnya guna mengantar pelepasan AKBP Donny yang akan berangkat ketempat tugas barunya yaitu sebagai Waka Polresta Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim).

Kepada media, AKBP donny sebagai pejabat yang lama mengatakan bila dirinya merasa cukup berat meninggalkan Banyuwangi dengan dinamika yang ada. “Walaupun saya berat hati, tetapi saya lebih mementingkan karir saya, karena kalau saya bertahan disini artinya karir saya tidak berkembang,” ungkapnya.

Menurutnya, Banyuwangi tempat yang luara biasa, bahkan menjadi salah satu ikon Indonesia. Dengan kemajuan Banyuwangi, tentunya harus didukung kepolisian dengan meningkatkan kwalitas pelayanan, perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat.

Selain itu, Wilayah Bebas Korupsi (WBK) sebentar lagi bakal diraih Kabupaten Banyuwangi. Dengan keberhasilan meraih WBK, tentunya akan meningkatkan kesejahteraan seluruh anggota Polres Banyuwangi. Artinya mereka akan menerima remunerasi satu grid diatas polres lainnya. Dan hal ini tentunya akan ditingkatkan lagi oleh Kapolres Banyuwangi baru untuk meraih Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Terkait WBK, Alhamdulillah tinggal menerima penghargaan pada 9 Desember mendatang. Taufik sebagai Kapolres Banyuwangi yang baru akan menerima penghargaan WBK tersebut, sedangkan saya akan menerima penghargaan sebagai agen perubahan. Kami bersama-sama akan menerima penghargaa di Jakarta tepat pada peringatan Hari Anti Korupsi,” terangnya.

Dirinya pun menyakini, pejabat yang baru memiliki kemampuan yang lebih untuk memajukan Banyuwangi menjadi lebih baik lagi.

Selanjutnya, AKBP Taufik sebagai pejabat pengganti menyampaikan jika kesuksesan kepemimpinan Kapolres lama tentu menjadi konsekuensinya untuk terus dilanjutkan dan dikembangkan. “Tentu ini menjadi sebuah amanah dan tanggung jawab yang harus saya jalankan,” jelasnya.

Dan terkait WBK, lanjutnya, pihaknya akan terus memotifasi seluruh anggota, stakeholder, dan masyarakat agar bisa bekerjasama mempertahankan raihan yang sudah dicapai, serta membantu Banyuwangi lebih berkembang.

“Untuk mempertahankan WBK itu lebih sulit. Karena konteksnya sudah jelas, jika nanti dikemudian hari terjadi kendala atau masalah maka status WBK yang sudah diraih akan gugur atau dicabut,” lanjutnya.

Dia pun menambahkan, kedepan, seluruh anggota polri yang ada di lingkungan Polres Banyuwangi ini diharapkan bisa menjadi garda terdepan dalam segi keamanan dan kenyamanan untuk masyarakat

“Mohon dukungannya dan kerjasamanya dari masyarakat dan seluruh anggota,” imbuh pria asal bandung itu.

Diketahui, pelaksanaan serah terima jabatan (Sertijab) sudah dilaksanakan pada 9 November lalu di Mapolda Jatim.

Sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2597/X/KEP/2018 tanggal 14 Oktober 2018 lalu, AKBP Donny Adityawarman, SIK.,M.Si dipindah tugaskan dari jabatannya sebagai Kapolres Banyuwangi menjadi Wakapolresta Sidoarjo.

Sedangkan AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, SIK,SH,MH, yang menggantikan posisi AKBP Donny, sebelumnya bertugas sebagai Kapolres Bondowoso.

Budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *