Jambore Kader PKK dan Kader Posyandu Tingkat Kota Kupang Mengangkat Tema Kesejahteraan Keluarga

Kupangwww.analisapublik.com│Tim PKK Kota Kupang menyelenggarakan kegiatan Jambore dalam rangka mempersiapkan Kader PKK yang professional dan berdaya saing pada tingkat kota Kupang dengan Tema “Dengan Jambore Kader PKK dan Kader Posyandu Kita Tingkatkan Profesionaitas Kader untuk Mendukung Pemerintah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga” yang dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Walikota Kupang 19/11/2018.
Dalam kegiatan Jambore tersebut terdapat beberapa mata lomba yang diperlombakan menurut “Agnes Lema”, Wakil Ketua Panitia Jambore sekaligus Wakil Ketua Pokja 4 tingkat Kota Kupang, ketika dikonfirmasi www.analisapublik.com di Aula Rujab Walikota Kupang di sela-sela kegiatan berlangsung. “Kegiatan ini dilaksanakan merupakan program rutin secara nasional yang diprogramkan dari pusat ke daerah, dengan tujuan menghimpun semua kader, membagi pegelaman, serta sebagai bagian penting untuk membantu pemerintah dalam hal pemberdayaan untuk kesejahteraan keluarga, terlebih kesehatan dan pendidikan keluarga”
Kelima mata lomba yang diikuti oleh 42 peserta lomba dari masing-masing (6 kecamatan) diikuti oleh 7 orang peserta lomba serta didampingi oleh 30 orang pendamping. Mata-mata lomba semua berkaitan dengan kesejahteraan dan kesehatan keluarga yang sudah menjadi bagian penting untuk pola dan kehidupan keluarga. Mata lomba tersebut adalah : Lomba Pidato, Penyuluhan tentang Pola Asuh Anak (Pokja 1), Upaya Peningkatan Gizi Keluarga (Pokja 2), B2SA-Makanan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (Pokja 3) dan Lomba Pengisian Lembar Pemantauan Bayi Umur 0-30 hari (Pokja 4).
Lebih lanjut menurut “Agnes Lema bahwa”, dalam kegiatan yang dilaksanakan pad Pokja 3 tersebut ada perubahan dari tahun-tahun seblumnya, yaitu B2SA menjadi Isi Piring yang bermaksud bahwa, menu makan yang sehat adalah terdapat sat karbohidrat, protein, sayur dan buah-buahan secukupnya, atau dalam terjemahan lain dari Isi Piringku adalah adanya Makanan Pokok, Lauk Pauk/hewani, Kacang-kacangan, Sayur-sayuran dan buah-buahan.
Pada kesempatan yang sama www.analisapublik.com juga mengonfirmasi terkait kegiatan Jambore PKK dengan Ketua Tim PKK Kota Kupang “Hilda Riwu Kore-Manafe”. Dikatakannya “bahwa sasaran dari kegiatan Jambore ini untuk mencari kader-kader penyuluhan terbaik tingkat kota Kupang, selain untuk mewakili Jambora di tingkat Provinsi ataupun tingkat Nasional, juga mengewaluasi kader-kader terbaik tingkat kelurahan untuk meningkatkan penyuluhan yang jauh lebih baik ke depannya. “Kegiatan Jambore Kader PKK dan Kader Posyandu ini sangat penting karena semua mata lomba yang dilombakan ini merupakan hasil observasi dari para kader terhadap aktivitas sehari-hari yang terjadi di lingkungan masyarakat kota Kupang”.
Dikatakan juga oleh Hilda Riwu Kore-Manafe bahwa, untuk kegiatan Jambore ini baru pertama kali dilakukan di masa kepemimpinannya karena baru menjabat satu tahun sebagai ketua Tim PKK, dan saya akan melihat secara keseluruhan apa yang menjadi keunggulan dan kekurangan dari para kader melalui kegiatan Jambore ini. Harapannya kepada seluruh kader untuk mempersiapkan diri lebih maksimal lagi dari tingkat keluraha masing-masing, sehingga kegiatan Jambore benar-benar menjadi kegiatan rutin dengan peran serta para kader untuk membantu pemerintah dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya para ibu-ibu di kota Kupang. Kita akan terus melakukan evaluasi secara kontinuitas pada setiap jenjang, mulai dari posyandu di tingkat kelurahan sampai tingkat kecamatan di kota Kupang.
Kita mengharapkan bersama kegiatan dan program PKK di jaman ini, harus lebih responsif terhadap permasalahan di masyarakat dalam hal mengejewanta program-program pemeritah kota Kupang, baik itu permasalahan yang terkait bidang kesehatan, bidang sosial, termasuk ketenagakerjaan. Dan bukan hanya menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang ada di empat pokja saja , tetapi PKK juga harus bisa merespons ketika ada sesuatu yang belum tercover oleh empat pokja tersebut beserta turunan-turunannya, seperti posyandu dan Hatinya PKK. (PK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *