Pemda Nias Utara Adakan Diklat Kepala Sekolah Menengah Pertama

 

NIAS UTARA | ANALISAPUBLIK.COM – Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu SE., MM, membuka secara resmi pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Fungsional Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Daerah Bidang Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Nias Utara.

Diklat Fungsional Kepala SMP dilaksanakan selama 7 hari mulai dari tanggal 21 s/d 28 November 2018 di Hotel Charlita Kota Gunungsitoli.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Utara Septianus Gea A.Ma. Pd menyampaikan dasar pelaksanaan Perkalan Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Teknis; Perkalan Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Pedoman Umum Pembinaan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional, Undang-Undang No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara; Peraturan Daerah Kabupaten Nias Utara Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Nias Utara dan SK Bupati Nias Utara Tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Kepala Sekolah/Calon Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2018 Nomor : 892.4/418/K/2018 Tanggal 2 November 2018.

Tujuan pendidikan dan pelatihan ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan yang harus dilakukan pada setiap saat, sehingga memperkuat kompetensi kepala sekolah yang belum pernah mendapatkan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP) kepala sekolah.

Sambutan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Utara (mewakili) Zul Fahmi M.Pd, menyampaikan bahwa sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2018 tentang pendoman penyusunan anggaran pejabat menjadi tahun anggaran 2019 yang menyatakan bahwa Pemerintah Daerah harus menyediakan anggaran untuk pendidikan dan pelatihan ASN sekurangnya 0,34 % dari total Belanja Daerah dan Pemerintah Provinsi 0,16 % dari total Belanja Provinsi Sumatera Utara.

Selanjutnya Fahmi sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan pendidikan dan pelatihan karena dengan pengetahuan yang semakin luas bagi kepala sekolah dan tenaga pengajar mendorong percepatan peningkatan pendidikan dan pembangunan manusia di Sumatera Utara pada umumnya dan Kabupaten Nias Utara pada khususnya.

Arahan dan Bimbingan Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu SE., MM mengucapkan terimakasih kepada saudara yang mewakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sumatera Utara dan LP2KS Solo atas kesediaanya datang di Nias Utara dan sekaligus menjadi Narasumber pada kegiatan Diklat Fungsional Kepala SMP di lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun 2018. Wakil Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan pembangunan, menanamkan tata nilai yang serba luhur atau akhlak mulia, norma-norma, cita-cita, tingkah laku, aspirasi, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan kepentingan pembangunan bangsa khususnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Melihat urgensinya dan kompleksnya pendidikan maka maju mundurnya pendidikan tidak bisa hanya diletakkan pada pundak pemerintah saja namun semua stake holders pendidikan, baik dari sisi software (kurikulum dan sistem pendidikan) maupun hardwarenya (peserta didik, guru, orang tua, pemerintah, lingkungan, infranstruktur pendidikan, dan keluarga, harus turut adil dalam proses keberlangsungan pendidikan sehingga pendidikan ini akan membawa hasil sesuai dengan harapan semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, orang tua, maupun orang per orang. Pemerintah Kabupaten Nias Utara sangat mengapresiasi kegiatan pelaksanaan Diklat Fungsional Kepala Sekolah Menengah Pertama di Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara karena dengan adanya pengetahuan dan wawasan yang semakin luas bagi Kepala Sekolah tentunya akan juga mempengaruhi mutu sekolah yang ada dibawah kepemimpinannya. Kepala Sekolah sebagai pimpinan tertinggi didalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah. Standar minimal prosedur tugas kepala sekolah itu adalah antara lain sebagai edukator, manager, administrator, supervisor (penyelia), sebagai leader (pemimpin), inovator dan motivator.

Sudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *