Dinas Kominfo Luncurkan Aplikasi Web Dataku

ANALISAPUBLIK.COM | Sidoarjo – Dalam rangka keterbukaan informasi publik serta penyebarluasan informasi untuk mendukung program pemerintah dan pembangunan di kabupaten sidoarjo. Dinas komunikasi dan informatika menyajikan data statistik sektoral melalui aplikasi dataku.

Kegiatan sosialisasi dengan tema “Ekspose Data Statistik Pemkab Sidoarjo” dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Kissowo Sidi, dihadiri Kepala BPS Sidoarjo Patris Sayugo dan Kabid Pengelola Data dan Statistik Kominfo Jatim Rudy Prasetya, kegiatan tersebut menghadirkan seluruh jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Sidoarjo dan organisasi kemasyarakatan di Lantai 2 Ruang Delta Karya Kantor Setda Sidoarjo, Rabu (5/12).

Aplikasi dataku ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan database dan informasi yang lengkap dan handal dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dirintis dalam suatu sistim berbasis website dan data akan disajikan menggunakan prinsip open data (data terbuka).

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengajak jajarannya untuk sinergi dan koordinasi agar menghasilkan data statistik yang sinkron dengan data BPS.

“Mari kita tingkatkan kualitas dan ragam data pada masing-masing penyelenggara OPD, instansi, lembaga dan perusahaan untuk mewujudkan tersedianya data statistik guna mendukung pembangunan di kabupaten sidoarjo”, ujarnya.

“Aplikasi dataku dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam memperoleh/ mengakses data pemerintah yang akurat baik bagi instansi pemerintah maupun masyarakat luas”, pungkasnya.

Isi dari aplikasi dataku merupakan data sektoral dari seluruh OPD yang ada di kabupaten Sidoarjo, data hasil kerjasama dengan BPS (Badan Pusat Statistik) dan data data statistik yang diterbitkan oleh badan pusat statistik kabupaten Sidoarjo. Aplikasi dataku dapat di unduh melalui website alamat www.dataku.sidoarjokab.go.id.

“Penyediaan data yang memadai akan mendukung terselenggaranya pemerintahan yang baik, untuk itu diperlukan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh OPD sebagai produsen data dengan dinas komunikasi dan informatika sebagai walidata yang akan mengumpulkan dan menyajikan data statistik secara terbuka kepada publik”, kata Y. Siswojo Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.

Siswojo melanjutkan, “melalui ekspose data statistik ini diharapkan agar data statistik terutama data dari BPS senantiasa sinkron dengan data pemerintah daerah, karena data BPS erat hubungannya dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan daerah”, ujarnya. (HERI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *