Wakil Gubernur Buka NTB Expo ke 16, dan 10 % UMKM Terdampak Gempa Ikut Expo

10 persen UMKM rerdampak Gempa Ikut Expo.

ANALISAPUBLIK.COM | Mataram – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr.Ir.Hj.Siti Rohmi Djalilah, MPd telah membuka NTB EXPO ke 16 pada Rabu (5/12) kemarin di Scene Techno Park (STP) Banyumulek Lombok Barat.

NTB EXPO diikuti oleh ratusan UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang berasal dari Kabupaten Kota Se Nusa Tenggara Barat bahkan ada juga dari luar daerah seperti dari Pasuruan Jawa Timur.

Wakil Gubernur dalam kata pembukaannya mengatakan NTB EXPO ini dihajatkan untuk bisa membangkitkan kembali semangat pengusa kecil dan menengah yang kita miliki pasca gempa.”

“Kita harus memahami bahwa untuk membangitkan ekonomi NTB dibutuhkan upaya yang kuat pasca Gempa. Ibaratnya kalau sebelum gempa kita bisa lari 60 km/jam, tapi kali ini kita harus lari 100km/jam untuk membangkitkan kembali perekonomian NTB ini”.Terangnya.

Siti Rohmi juga menambahkan untuk membangun UMKM yang ada memerlukan perhatian yang serius.”Untuk memajukan UMKM kita memerlukan terobosan-terobosan seperti belajar ke UMKM yang sudah maju lalu ditularkan kepada UMKM yang kita milik,karena kita masih merasa kurang terutama soal kwalitas produk dan juga soal pemasaran”. Harap Wagub.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB Lalu Saswadi mengatakan NTB EXPO akan berlangsung dari tanggal 5 – 9 desember 2018 mendatang dengan menampilkan pameran technologi tepat guna, gebyar SMK dan panen pedet (anak sapi ) serta acara ini juga sebagai rangkaian dari kegiatan dalam rangka HUT NTB ke 60”. Tutur Saswadi.

Siswadi juga menambahkan di NTB ada sekitar 600 UMKM yang aktip dan sekitar 10% UMKM yang terdampak gempa. Tapi dalam EXPO kali ini mereka juga ikut sebagai peserta dengan menampilkan berbagai macam kuliner, kerajinan tangan khas NTB dan obat herbal produksi lokal.

“Jadi harapan kita semoga melalui EXPO ini akan dapat membangkitkan kembali semangat usaha dari pelaku UMKM kita sehingga perekonomian NTB jadi bangkit kembali”.Pungkasnya. (Bul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *