Buat Akta Kelahiran, KK dan Surat Kematian Kini Bisa Online Melalui Aplikasi ‘Pak Dalman’

 

ANALISAPUBLIK.COM | Kendal – Disduk Capil siapkan Aplikasi Permohonan Dokumen Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Yang di permudah melalui aplikasi ‘Pak Salman’.

Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam pengajuan pembuatan KK, Akta kelahiran dan Akta kematian. Agar masyarakat tidak lagi mengantri dan menunggu berjam-jam untuk mengajukannya. Hanya cukup mendownload Aplikasi Pak Dalman di Play store dan ikuti petunjuknya, maka aplikasi tersebut akan memandu bagaimana mengajukan proses permohonan data sesuai yang akan diajukan.

Seperti yang diterangkan Ahyan Kabid Pemanfaatan Data dan Informasi Pelayanan (PDIP) saat di konfirmasi di kantornya, Jum’at 7/12/2018 mengatakan. “Aplikasi ini kita buat untuk mempermudah dan memanjakan masyarakat dalam pengajuan data. Agar masyarakat tidak lagi harus meluangkan waktunya untuk mengantri. Cukup hanya menggunakan Aplikasi Pak Dalman yang sudah kami sediakan, maka mereka sudah bisa memohonkan data untuk di proses dan di buat sesuai permohonan mereka,” ujarnya.

Ahyan juga menjelaskan, untuk memulai menggunakan Aplikasi Pak Dalman. Anda cukup mendownload Aplikasi tersebut melalui play store, lalu daftarkan Nomer NIK KTP anda, setelah itu mulailah cari data apa yang akan anda mohonkan untuk di buat. Dan Aplikasi ini hanya bisa di operasikan satu orang dalam satu KK. Dalam satu KK tidak bisa mengoperasikan dua Aplikasi.

Setelah anda mendaftar dan memohonkan data anda, jika data anda kurang lengkap maka anda akan di pandu apa saja dalam permohonan data anda yang kurang dan diminta untuk melengkapinya. Namun, setelah data anda lengkap, maka data anda akan di proses dan setelah itu, anda cukup menunggu di rumah, setelah data anda terverifikasi dan pengajuan anda sudah dicetak, maka anda akan mendapat pemberitahuan dari Aplikasi Pak Dalman, bahwa pengajuan anda sudah dicetak dan sudah bisa diambil. Dan anda bisa langsung mengambilnya di Disdukcapil dengan menyerahkan berkas yang sudah anda mohonkan dalam Aplikasi Pak Dalman.

“Harapan kami dengan adanya Aplikasi ini masyarakat bisa menggunakannya, karena diciptakannya Aplikasi ini untuk mengurangi antrian yang setiap harinya selalu padat,” harapnya. (Novi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *